Show simple item record

dc.contributor.authorMOHAMMAD ABDUL MUN’IM
dc.date.accessioned2014-01-29T12:32:03Z
dc.date.available2014-01-29T12:32:03Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM100210274032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27145
dc.description.abstractPelaksanaan pembelajaran matematika SD dalam proses belajar mengajarnya harus diciptakan secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan melalui pendekatan matematika realistik, serta didukung kompetensi guru untuk mengelola proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan matematika realistik secara edukatif. Kondisi SD menunjukkan belum dilaksanakan atau digunakan pendekatan matematika realistik secara optimal untuk pembelajaran pembagian dua bilangan, termasuk di SD Islam Al– Khairiyah, Banyuwangi. Karenanya dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Tujuannya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran konsep pembagian dua bilangan dengan menggunakan pendekatan Matematika Realistik. Hipotesisnya, jika prosedur pelaksanaan pengajaran pembagian dua bilangan disajikan menggunakan pendekatan matematika realistik maka pemahaman siswa akan konsep dasar pada pembagian dua bilangan akan meningkat dari sebelumnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode deskriptif kualitatif model siklus dengan langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas II E SD Islam Al–Khairiyah, Banyuwangi. Pada semester II tahun 2012. Pengumpulan data dengan observasi aktivitas siswa selama tindakan dan hasil belajar siswa. Hasilnya: penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep pembagian dua bilangan; pelaksanaan pendekatan matematika realistik dapat dilakukan dengan kegiatan matematisasi; hambatan yang dialami adalah keterbatasan waktu, bahan/alat peraga, serta kemampuan guru dan siswa. Kesimpulan: Penanganan masalah yang dihadapi siswa kelas II E SD Islam Al–Khairiyah dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pembagian Dua Bilangan melalui Pendekatan Matematika Realistik perlu dilakukan secara terencana, sistematis dan berkelanjutan sehingga secara bertahap siswa menguasai kompetensi yang berhubungan dengan kegiatan matematisasi dunia nyata.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274032;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS,HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PEMBAGIAN DUA BILANGAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS II E SD ISLAM AL-KHAIRIYAH BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record