• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PEMBAGIAN DUA BILANGAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS II E SD ISLAM AL-KHAIRIYAH BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (11)_1.pdf (910.7Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    MOHAMMAD ABDUL MUN’IM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelaksanaan pembelajaran matematika SD dalam proses belajar mengajarnya harus diciptakan secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan melalui pendekatan matematika realistik, serta didukung kompetensi guru untuk mengelola proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan matematika realistik secara edukatif. Kondisi SD menunjukkan belum dilaksanakan atau digunakan pendekatan matematika realistik secara optimal untuk pembelajaran pembagian dua bilangan, termasuk di SD Islam Al– Khairiyah, Banyuwangi. Karenanya dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Tujuannya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran konsep pembagian dua bilangan dengan menggunakan pendekatan Matematika Realistik. Hipotesisnya, jika prosedur pelaksanaan pengajaran pembagian dua bilangan disajikan menggunakan pendekatan matematika realistik maka pemahaman siswa akan konsep dasar pada pembagian dua bilangan akan meningkat dari sebelumnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode deskriptif kualitatif model siklus dengan langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas II E SD Islam Al–Khairiyah, Banyuwangi. Pada semester II tahun 2012. Pengumpulan data dengan observasi aktivitas siswa selama tindakan dan hasil belajar siswa. Hasilnya: penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep pembagian dua bilangan; pelaksanaan pendekatan matematika realistik dapat dilakukan dengan kegiatan matematisasi; hambatan yang dialami adalah keterbatasan waktu, bahan/alat peraga, serta kemampuan guru dan siswa. Kesimpulan: Penanganan masalah yang dihadapi siswa kelas II E SD Islam Al–Khairiyah dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pembagian Dua Bilangan melalui Pendekatan Matematika Realistik perlu dilakukan secara terencana, sistematis dan berkelanjutan sehingga secara bertahap siswa menguasai kompetensi yang berhubungan dengan kegiatan matematisasi dunia nyata.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27145
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository