• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CAHAYA KURNIA BANGSA KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    A (331)sex_1.pdf (370.0Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    HUDAIBIYAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kejar Paket C di PKBM Cahaya Kurnia Bangsa terdapat berbagai persoalan yang sering menjadi batu sandungan dalam mencapai tujuan keberhasilan yang maksimal. Persoalan tersebut salah satunya adalah motivasi warga belajar dalam mengikuti proses pembelajaran, persoalan ini perlu penanganan yang yang serius, sebab motivasi mempunyai peranan yang cukup penting dalam mencapai keberhasilan kegiatan pembelajaran. Arti dari motivasi belajar sendiri adalah keseluruhan daya penggerak psikis di dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar. Disamping Motivasi aktivitas belajar merupakan bagian penting mencapai keberhasilan tujuan proses pembelajaran. Aktivitas warga belajar dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi tersendiri dalam meningkatkan pengertian, pemahaman, penganalisisan terhadap suatu persoalan. Dengan adanya motivasi belajar baik intrinsik maupun ekstrinsik diharapkan dapat meningkatkan Aktivitas belajar warga belajar. 1. Tujuan umum: Untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap aktivitas belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. 2. Tujuan khusus a. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar intrinsik terhadap aktivitas belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. b. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik terhadap aktivitas belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei sampai bulan juni tahun 2011 menggunakan metode kuantitatif. Dalam penentuan responden menggunakan penelitian populasi dengan jumlah responden 38 warga belajar metode perolehan data yang digunakan adalah metode Angket, dokumentasi dan kepustakaan. Pengolahan data dengan analisis regresi linier berganda adapun langkah – langkah pengolahan datanya melalui editing, koding, scoring dan tabulating. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa untuk taraf signifikansi 95 % atau 5% hipotesis nihil ditolak, sehingga hipotesis kerja mayor dan minor diterima. 1. Motivasi belajar berpengaruh siknifikan terhadap aktifitas belajar warga belajar kejar paket C di BKBM Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang tahun Pelajaran 2010/2011. 2. Motivasi belajar intrisik berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. 3. Motivasi belajar ekstrisik berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini berarti semakin baik motivasi belajar warga belajar maka aktivitas warga belajar akan semakin baik pula begitu juga sebaliknya. Saran yang dapat diberikan sehubungan dengan kesimpulan, PKBM Cahaya Kurnia Bangsa diharapkan memperhatikan pemberian motivasi belajar yang tepat terutama yang berkaitan dengan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik yang berhubungan langsung dengan aktivitas belajarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21881
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15364]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository