Show simple item record

dc.contributor.authorKurnia Anbar Radhiyah
dc.date.accessioned2014-01-29T05:46:56Z
dc.date.available2014-01-29T05:46:56Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM071510201016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27093
dc.description.abstractCabai rawit merupakan komoditas yang rentan terhadap fluktuasi harga. Lonjakan harga tertinggi terjadi pada awal Tahun 2011 yang dipengaruhi oleh anomali cuaca sehingga produksinya menurun. Cabai rawit merupakan komoditas primer bagi masyarakat dan memiliki daerah pemasaran yang tergolong luas, salah satunya Kabupaten Sidoarjo. Kabupaten Sidoarjo memiliki beberapa pasar untuk memperdagangkan komoditas hasil pertanian seperti cabai rawit, diantaranya Pasar Larangan dan Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro. Uniknya, petani produsen cabai rawit di kedua pasar ini berasal dari daerah yang sama seperti Dusun Supiturang Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, namun rantai pemasaran di kedua pasar berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi saluran pemasaran cabai rawit pada Pasar Larangan dan Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro; (2) menganalisis tingkat efisiensi pemasaran cabai rawit di Pasar Larangan dan Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro Kabupaten Sidoarjo; (3) mengetahui tingkat integrasi vertikal, untuk mengetahui keeratan hubungan antarlembaga pemasaran. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method dan dilakukan di Pasar Larangan dan Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro Kabupaten Sidoarjo, hingga ke Dusun Supiturang Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analitik, komparatif, dan korelasional. Pengambilan sampel awal menggunakan metode “Snow Ball Sampling” di tingkat pedagang pengecer di Pasar Larangan dan Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro Kabupaten Sidoarjo dan di tingkat petani sebanyak 30 responden petani cabai rawit anggota Kelompok Tani “Tri Rezeki”. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis distribusi marjin pemasaran, analisis efisiensi pemasaran, dan analisis integrasi vertikal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries071510201016;
dc.subjectpemasaran cabai rawit, efisiensi pemasaran, integrasi vertikalen_US
dc.titleANALI SI S KOMPARATI F EFI SI ENSI PEMASARAN KOMODITAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI PASAR LARANGAN DAN PASAR INDUK AGRIBISNIS PUSPA AGRO KABUPATEN SIDOARJOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record