• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALI SI S KOMPARATI F EFI SI ENSI PEMASARAN KOMODITAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI PASAR LARANGAN DAN PASAR INDUK AGRIBISNIS PUSPA AGRO KABUPATEN SIDOARJO

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (71.90Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    Kurnia Anbar Radhiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Cabai rawit merupakan komoditas yang rentan terhadap fluktuasi harga. Lonjakan harga tertinggi terjadi pada awal Tahun 2011 yang dipengaruhi oleh anomali cuaca sehingga produksinya menurun. Cabai rawit merupakan komoditas primer bagi masyarakat dan memiliki daerah pemasaran yang tergolong luas, salah satunya Kabupaten Sidoarjo. Kabupaten Sidoarjo memiliki beberapa pasar untuk memperdagangkan komoditas hasil pertanian seperti cabai rawit, diantaranya Pasar Larangan dan Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro. Uniknya, petani produsen cabai rawit di kedua pasar ini berasal dari daerah yang sama seperti Dusun Supiturang Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, namun rantai pemasaran di kedua pasar berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi saluran pemasaran cabai rawit pada Pasar Larangan dan Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro; (2) menganalisis tingkat efisiensi pemasaran cabai rawit di Pasar Larangan dan Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro Kabupaten Sidoarjo; (3) mengetahui tingkat integrasi vertikal, untuk mengetahui keeratan hubungan antarlembaga pemasaran. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method dan dilakukan di Pasar Larangan dan Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro Kabupaten Sidoarjo, hingga ke Dusun Supiturang Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analitik, komparatif, dan korelasional. Pengambilan sampel awal menggunakan metode “Snow Ball Sampling” di tingkat pedagang pengecer di Pasar Larangan dan Pasar Induk Agribisnis Puspa Agro Kabupaten Sidoarjo dan di tingkat petani sebanyak 30 responden petani cabai rawit anggota Kelompok Tani “Tri Rezeki”. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis distribusi marjin pemasaran, analisis efisiensi pemasaran, dan analisis integrasi vertikal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27093
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4363]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository