KUALITAS SOAL SUMATIF TAHUN 2011/2012 MATA PELAJARAN SAINS BIOLOGI DAN KAITANNYA DENGAN CAPAIAN KOMPETENSI SISWA DI SMP NEGERI 10 JEMBER
Abstract
Dunia pendidikan pada waktu-waktu tertentu selama satu periode pendidikan
selalu mengadakan evaluasi. Salah satu evaluasi yang dilakukan oleh sekolah adalah
evaluasi sumatif. Pelaksanaan kegiatan evaluasi dilakukan dengan menggunakan alat
evaluasi. Salah satu alat evaluasi adalah tes. Penyusunan tes sebagai alat evaluasi
harus baik dan berkualitas, agar hasil yang didapatkan tidak bias. Alat evaluasi yang
baik, dapat mengetahui atau mengukur kemampuan peserta didik dengan tepat,
artinya dengan alat evaluasi yang baik, guru akan mendapatkan data yang valid
mengenai perkembangan kemampuan peserta didik dan ketercapaian kompetensi
siswa. Soal ujian kenaikan kelas mata pelajaran Sains Biologi yang dilaksanakan di
SMP Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2011/2012 sebagai salah satu alat evaluasi,
perlu dianalisis terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas butir ujinya, apakah syarat
validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda telah terpenuhi ataukah
belum, serta untuk mengetahui apakah butir uji dapat menunjukkan seberapa jauh
kemampuan siswanya terhadap setiap kompetensi dasar yang harus dicapai pada
semester tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda soal sumatif mata pelajaran Sains Biologi
kelas VII dan kaitan antara kualitas soal sumatif tersebut dengan capaian kompetensi
siswa di SMP Negeri 10 Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Jember.