• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KUALITAS SOAL SUMATIF TAHUN 2011/2012 MATA PELAJARAN SAINS BIOLOGI DAN KAITANNYA DENGAN CAPAIAN KOMPETENSI SISWA DI SMP NEGERI 10 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-dianaekasi-11221-1-dianaek-i_1.pdf (286.2Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    DIANA EKA SISKARINI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dunia pendidikan pada waktu-waktu tertentu selama satu periode pendidikan selalu mengadakan evaluasi. Salah satu evaluasi yang dilakukan oleh sekolah adalah evaluasi sumatif. Pelaksanaan kegiatan evaluasi dilakukan dengan menggunakan alat evaluasi. Salah satu alat evaluasi adalah tes. Penyusunan tes sebagai alat evaluasi harus baik dan berkualitas, agar hasil yang didapatkan tidak bias. Alat evaluasi yang baik, dapat mengetahui atau mengukur kemampuan peserta didik dengan tepat, artinya dengan alat evaluasi yang baik, guru akan mendapatkan data yang valid mengenai perkembangan kemampuan peserta didik dan ketercapaian kompetensi siswa. Soal ujian kenaikan kelas mata pelajaran Sains Biologi yang dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jember tahun pelajaran 2011/2012 sebagai salah satu alat evaluasi, perlu dianalisis terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas butir ujinya, apakah syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda telah terpenuhi ataukah belum, serta untuk mengetahui apakah butir uji dapat menunjukkan seberapa jauh kemampuan siswanya terhadap setiap kompetensi dasar yang harus dicapai pada semester tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda soal sumatif mata pelajaran Sains Biologi kelas VII dan kaitan antara kualitas soal sumatif tersebut dengan capaian kompetensi siswa di SMP Negeri 10 Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26974
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository