Show simple item record

dc.contributor.authorDevi Amalia Lisalamah
dc.date.accessioned2013-12-03T02:17:07Z
dc.date.available2013-12-03T02:17:07Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM090210204053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2649
dc.description.abstractKeluarga mempunyai peran yang sangat besar terhadap proses perkembangan anak karena keluarga adalah lembaga sosial pertama dalam kehidupan anak. Orang tua di dalam sebuah kelurga memiliki tugas dan kewajiban untuk memenuhi seluruh kebutuhan anak, baik itu pendidikan dan kebutuhan sehari-harinya. Pada umumnya orang tua yang kondisi sosial ekonomi keluarganya tinggi tidak mengalami kesulitan apapun dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya karena mereka memiliki uang, sehingga kebutuhan biaya sekolah, perlengkapan sekolah dan kebutuhan lainnya dapat terpenuhi dengan baik, karena keluarga mereka tercukupi secara ekonomi. Selain itu, siswa yang berasal dari keluarga menengah ke atas lebih banyak mendapatkan pengarahan dan bimbingan yang baik dari orang tua mereka karena keluarga mereka sudah menyadari pentingnya pendidikan bagi masa depan anak mereka. Sebaliknya, siswa yang berlatar belakang ekonomi rendah, kurang mendapat bimbingan dan pengarahan yang cukup dari orang tua mereka, karena orang tua lebih memusatkan perhatiannya pada bagaimana cara memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Pemaparan tersebut di atas, telah menjelaskan bahwa kondisi sosial ekonomi keluarga siswa dapat dilihat dari tingkat pendidikan orang tua, jumlah pendapatan, kepemilikan kekayaan dan fasilitas, serta jenis tempat tangga, memiliki korelasi dengan prestasi belajar siswa di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kondisi sosial ekonomi keluarga siswa kelas tinggi di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung?; (2) vii Adakah koreasi antara kondisi sosial eonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa keas tinggi di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung? Selanjutnya tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi keluarga siswa kelas tinggi di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung dan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung. Unit analisis dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar siswa SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung yang berhubungan dengan kondisi sosial ekonomi keluarga yang meliputi tingkat pendidikan, pendapatan, kepemilikan kekayaan dan fasilitas, dan jenis tempat tinggal. Pengumpulan data menggunakan metode angket yang akan dibagikan kepada responden yang terpilih untuk mewakili populasi total siswa kelas tinggi. Penghitungan korelasinya menggunakan Rumus Korelasi Product Moment. Lokasi pada penelitian ini akan dilakukan SDN Ajung 03 Kecamatan AjungKabupaten Jember. Berdasarkan hasil pengumpulan data yang dilakukan, diperoleh data responden yaitu siswa kelas tinggi beserta orang tuanya yang ada di SDN Ajung 03 Jember sebanyak 45 orang. Kesimpulan hasil penelitian adalah keadaan sosial ekonomi orang tua siswa responden dilihat dari pendidikan, terdapat 91,66%, pendapatan terdapat 79,44%, kepemilikan kekayaan atau fasilitas terdapat 74,44% dan jenis tempat tinggal terdapat 94,44%. Jadi rata-rata kondisi sosial ekonomi terdapat 84,99% yang termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Selanjutnya perhitungan korelasi antara variabel X dan Variabel Y dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment menunjukkan adanya korelasi positif antara kondisi sosial ekonomi dengan prsetasi belajar siswa. Semakin tinggi kondisi sosial ekonomi orang tua, maka semakin tinggi pula prestasi siswa. Saran yang dapat diberikan terkait dengan penelitian ini adalah hendaknya orang tua yang kurang mampu lebih giat dalam mencari penghasilan tambahan untuk keperluan pendidikan anaknya, serta dari pihak sekolah diharapkan membeuat program bantuan yang dapat membantu siswa yang berasal dari keluarga yang sosial ekonominya rendah sehingga dapat lebih berprestasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204053;
dc.subjectKorelasi antara Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswaen_US
dc.titleKORELASI ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SDN AJUNG 03 KECAMATAN AJUNGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record