• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KORELASI ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SDN AJUNG 03 KECAMATAN AJUNG

    Thumbnail
    View/Open
    Devi Amalia Lisalamah - 090210204053_1.pdf (292.1Kb)
    Date
    2013-12-03
    Author
    Devi Amalia Lisalamah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keluarga mempunyai peran yang sangat besar terhadap proses perkembangan anak karena keluarga adalah lembaga sosial pertama dalam kehidupan anak. Orang tua di dalam sebuah kelurga memiliki tugas dan kewajiban untuk memenuhi seluruh kebutuhan anak, baik itu pendidikan dan kebutuhan sehari-harinya. Pada umumnya orang tua yang kondisi sosial ekonomi keluarganya tinggi tidak mengalami kesulitan apapun dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya karena mereka memiliki uang, sehingga kebutuhan biaya sekolah, perlengkapan sekolah dan kebutuhan lainnya dapat terpenuhi dengan baik, karena keluarga mereka tercukupi secara ekonomi. Selain itu, siswa yang berasal dari keluarga menengah ke atas lebih banyak mendapatkan pengarahan dan bimbingan yang baik dari orang tua mereka karena keluarga mereka sudah menyadari pentingnya pendidikan bagi masa depan anak mereka. Sebaliknya, siswa yang berlatar belakang ekonomi rendah, kurang mendapat bimbingan dan pengarahan yang cukup dari orang tua mereka, karena orang tua lebih memusatkan perhatiannya pada bagaimana cara memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Pemaparan tersebut di atas, telah menjelaskan bahwa kondisi sosial ekonomi keluarga siswa dapat dilihat dari tingkat pendidikan orang tua, jumlah pendapatan, kepemilikan kekayaan dan fasilitas, serta jenis tempat tangga, memiliki korelasi dengan prestasi belajar siswa di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kondisi sosial ekonomi keluarga siswa kelas tinggi di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung?; (2) vii Adakah koreasi antara kondisi sosial eonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa keas tinggi di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung? Selanjutnya tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi keluarga siswa kelas tinggi di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung dan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung. Unit analisis dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar siswa SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung yang berhubungan dengan kondisi sosial ekonomi keluarga yang meliputi tingkat pendidikan, pendapatan, kepemilikan kekayaan dan fasilitas, dan jenis tempat tinggal. Pengumpulan data menggunakan metode angket yang akan dibagikan kepada responden yang terpilih untuk mewakili populasi total siswa kelas tinggi. Penghitungan korelasinya menggunakan Rumus Korelasi Product Moment. Lokasi pada penelitian ini akan dilakukan SDN Ajung 03 Kecamatan AjungKabupaten Jember. Berdasarkan hasil pengumpulan data yang dilakukan, diperoleh data responden yaitu siswa kelas tinggi beserta orang tuanya yang ada di SDN Ajung 03 Jember sebanyak 45 orang. Kesimpulan hasil penelitian adalah keadaan sosial ekonomi orang tua siswa responden dilihat dari pendidikan, terdapat 91,66%, pendapatan terdapat 79,44%, kepemilikan kekayaan atau fasilitas terdapat 74,44% dan jenis tempat tinggal terdapat 94,44%. Jadi rata-rata kondisi sosial ekonomi terdapat 84,99% yang termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Selanjutnya perhitungan korelasi antara variabel X dan Variabel Y dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment menunjukkan adanya korelasi positif antara kondisi sosial ekonomi dengan prsetasi belajar siswa. Semakin tinggi kondisi sosial ekonomi orang tua, maka semakin tinggi pula prestasi siswa. Saran yang dapat diberikan terkait dengan penelitian ini adalah hendaknya orang tua yang kurang mampu lebih giat dalam mencari penghasilan tambahan untuk keperluan pendidikan anaknya, serta dari pihak sekolah diharapkan membeuat program bantuan yang dapat membantu siswa yang berasal dari keluarga yang sosial ekonominya rendah sehingga dapat lebih berprestasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2649
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository