dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan di SDN 2 Karangbendo Kecamatan Kabupaten Banyuwangi. Subjek
penelitiannya adalah semua siswa kelas III semester genap Tahun Pelajaran
2011/2012 sebanyak 26 siswa, dengan 4 siswa berkemampuan akademik tinggi, 17
siswa berkemampuan akademik sedang dan 5 siswa berkemampuan akademik
rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes,
wawancara dan dokumentasi. Peneliltian dilaksanakan dalam dua siklus , pada
siklus I dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model
Numbered Head Together (NHT). Hal-hal yang dilakukan pada siklus I dan II
adalah (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Setiap siklus
terdiri dari tiga kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal
meningkat, sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar
60%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa
secara klasikal meningkat menjadi 76% dan pada siklus II tingkat ketuntasan
belajar siswa meningkat menjadi 75% dengan kualifikasi hasil belajar sangat tinggi
memperoleh persentase sebesar 18,75% serta peningkatan aktivitas siswa setelah
dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan I sebesar 58,17 %, pertemuan 2 sebesar
61,05%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I sebesar 65,62 % serta pertemuan 2
meningkat menjadi 69,46 % dengan kualifikasi aktivitas tinggi memperoleh
persentase sebesar 11,29 %. | en_US |