• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER KELAS III SEMESTER II SDN 2 KARANGBENDO KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (159)S_1.pdf (322.0Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    BAMBANG MURTYANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Karangbendo Kecamatan Kabupaten Banyuwangi. Subjek penelitiannya adalah semua siswa kelas III semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 26 siswa, dengan 4 siswa berkemampuan akademik tinggi, 17 siswa berkemampuan akademik sedang dan 5 siswa berkemampuan akademik rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Peneliltian dilaksanakan dalam dua siklus , pada siklus I dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT). Hal-hal yang dilakukan pada siklus I dan II adalah (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal meningkat, sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 60%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 76% dan pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 75% dengan kualifikasi hasil belajar sangat tinggi memperoleh persentase sebesar 18,75% serta peningkatan aktivitas siswa setelah dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan I sebesar 58,17 %, pertemuan 2 sebesar 61,05%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I sebesar 65,62 % serta pertemuan 2 meningkat menjadi 69,46 % dengan kualifikasi aktivitas tinggi memperoleh persentase sebesar 11,29 %.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26087
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository