Show simple item record

dc.contributor.authorZaenol Fajri
dc.date.accessioned2014-01-28T01:52:59Z
dc.date.available2014-01-28T01:52:59Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM070210204383
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25960
dc.description.abstractPembelajaran kooperatif dengan menerapkan teori Brunner yaitu pembelajaran dengan cara mengajar yang lebih menekankan pada kegiatan siswa melalui proses mental (pengetahuan yang diterapkan melalui pengalaman siswa secara langsung dalam tahapan teori Brunner) dan guru bertindak sebagai fasilitator. Siswa memperoleh tugas, aktif mencari serta meneliti sendiri pemecahan suatu masalah dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan menerapkan teori Brunner dirancang untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran sebaik mungkin dan bekerja keras dalam kelompoknya Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tamanan 2 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso pada tanggal 27 Pebruari 2010 sampai dengan 27 Maret 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 37 (laki-laki 24 dan perempuan 13), pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pembelajaran kooperatif dengan menerapkan teori Brunner berdampak posistif terhadap aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IVA yang dilakukan mulai dari siklus I kesiklus II, secara umum sudah mengalami peningkatan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus pertama guru masih merasa malu-malu dalam menyampaikan metari pembelajaran, tetapi pada siklus dua guru sudah lebih santai dan tidak merasa malu-malu lagibegitu pula dengan adanya peningkatan aktivitas siswa yang ditandai dengan adanya kemajuan siswa dalam berpartisipasi menyelesaikan permasalahan diskusi kelompok. Berdasarkan analisis hasil ulangan harian I, siswa yang tuntas dalam belajar adalah 62%. Analisis hasil ulangan harian II, siswa yang tuntas 81%. Penelitian ini dihentikan pada siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204383;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENERAPKAN TEORI BRUNERen_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENERAPKAN TEORI BRUNNER POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IVA SD NEGERI TAMANAN 2 TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record