• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENERAPKAN TEORI BRUNNER POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IVA SD NEGERI TAMANAN 2 TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (319)_1.pdf (214.3Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Zaenol Fajri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran kooperatif dengan menerapkan teori Brunner yaitu pembelajaran dengan cara mengajar yang lebih menekankan pada kegiatan siswa melalui proses mental (pengetahuan yang diterapkan melalui pengalaman siswa secara langsung dalam tahapan teori Brunner) dan guru bertindak sebagai fasilitator. Siswa memperoleh tugas, aktif mencari serta meneliti sendiri pemecahan suatu masalah dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Penerapan pembelajaran kooperatif dengan menerapkan teori Brunner dirancang untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran sebaik mungkin dan bekerja keras dalam kelompoknya Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tamanan 2 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso pada tanggal 27 Pebruari 2010 sampai dengan 27 Maret 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 37 (laki-laki 24 dan perempuan 13), pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pembelajaran kooperatif dengan menerapkan teori Brunner berdampak posistif terhadap aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IVA yang dilakukan mulai dari siklus I kesiklus II, secara umum sudah mengalami peningkatan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus pertama guru masih merasa malu-malu dalam menyampaikan metari pembelajaran, tetapi pada siklus dua guru sudah lebih santai dan tidak merasa malu-malu lagibegitu pula dengan adanya peningkatan aktivitas siswa yang ditandai dengan adanya kemajuan siswa dalam berpartisipasi menyelesaikan permasalahan diskusi kelompok. Berdasarkan analisis hasil ulangan harian I, siswa yang tuntas dalam belajar adalah 62%. Analisis hasil ulangan harian II, siswa yang tuntas 81%. Penelitian ini dihentikan pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25960
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository