• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN UANG MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SDN ANTIROGO 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-dewitaofan-5440-1-dewitao-.a_1.pdf (224.6Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    DEWI TAOFAN WIJAYANTIE
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPS yang diajarkan masih menggunakan media yang sederhana dan kurang bervariasi yaitu ceramah, mencatat dan penggunaan buku cetak serta penugasan saja sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan dikuasai oleh guru saja. Hal ini menjadi salah satu faktor masih rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan siswa, , karena dengan menggunakan media permainan ular tangga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan uang melalui media permainan ular tangga kelas; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan uang melalui media permainan ular tangga kelas; (3) untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan uang melalui media permainan ular tangga. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Antirogo 03 kecamatan Sumbersari kabupaten Jember yang terdiri dari 26 siswa, 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan diawali dengan pra siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25871
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository