dc.description.abstract | Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian
dilaksanakan di SMP Negeri 2 Arjasa. Responden penelitian ditentukan setelah uji
homogenitas. Penentuan sample penelitian dengan cluster random sampling. Desain
penelitian menggunakan control group pre-test and post-test desaign. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model Genius Learning
dengan Strategi Umpan Balik dengan pembelajaran Konvensional di SMP pada
pokok bahasan energi dan usaha, sedangkan retensi hasil belajar didapat dari
persentase rasio antara skor rata-rata tes tunda dan skor rata-rata post test.
Analisa data menggunakan uji t
tes
Analisis data yang menggunakan uji t
menunjukkan hasil bahwa
t
hitung
= 2,46 dan t
tabel
= 1,66, sehingga t
hitung
> t
tabel
tes
. Hal tersebut menunjukkan bahwa
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan
rata-rata secara signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model
Genius Learning dengan strategi umpan balik dengan model Konvensional. Adanya
perbedaan tersebut menunjukkan bahwa model Pembelajaran Genius Learning
dengan strategi umpan balik memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar
fisika siswa khususnya pada pokok bahasan energi dan usaha. Model Genius
Learning dengan Strategi Umpan Balik mampu meningkatkan retensi hasil belajar
siswa sebesar 2,3 %. | en_US |