• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL GENIUS LEARNING DENGAN STRATEGI UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP POKOK BAHASAN ENERGI DAN USAHA

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-dewisuciha-7112-1-dewisuc-ia_1.pdf (258.6Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Dewi Sucihati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Arjasa. Responden penelitian ditentukan setelah uji homogenitas. Penentuan sample penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test and post-test desaign. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model Genius Learning dengan Strategi Umpan Balik dengan pembelajaran Konvensional di SMP pada pokok bahasan energi dan usaha, sedangkan retensi hasil belajar didapat dari persentase rasio antara skor rata-rata tes tunda dan skor rata-rata post test. Analisa data menggunakan uji t tes Analisis data yang menggunakan uji t menunjukkan hasil bahwa t hitung = 2,46 dan t tabel = 1,66, sehingga t hitung > t tabel tes . Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan rata-rata secara signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model Genius Learning dengan strategi umpan balik dengan model Konvensional. Adanya perbedaan tersebut menunjukkan bahwa model Pembelajaran Genius Learning dengan strategi umpan balik memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar fisika siswa khususnya pada pokok bahasan energi dan usaha. Model Genius Learning dengan Strategi Umpan Balik mampu meningkatkan retensi hasil belajar siswa sebesar 2,3 %.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25854
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository