dc.description.abstract | Laporan Praktek Kerja Nyata ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana
sistem kerja room section di Grand Mirage Resort Bali untuk meningkatkan
tingkat hunian kamar dan mutu pelayanan hotel, terutama pada departemen Tata
Graha. Sistem kerja room section di hotel ini adalah, memberikan pelayanan 24
jam penuh dengan tujuan agar dapat memenuhi kebutuhan tamu setiap saat dan
manajemen hotel melakukan sistem pembagian jaam kerja untuk terwujudnya
pelayanan yang efektif dan efisien. Room boy / maid harus melakukan beberapa
tahapan sebelum melaksanakan tugasnya untuk membersihkan kamar tamu yaitu
memeriksa kamar dan membuat laporan, menyiapkan kereta pramugraha atau
room boy / maid. Room section dalam sistem kerjanya selain membersihkan
kamar, tetapi juga memiliki tugas untuk turndown (membuka tempat tidur).
Kegiatan ini dilakukan oleh room boy / maid evening shift (shift sore) pada pukul
18.00 WITA, serta melakukan service (pelayanan) lain yaitu merapikan pakaian
tamu, melakukan pembersihan seperlunya apabila ada yang kotor,membuang
sampah dan mengganti towel (handuk). Karyawan terutama dibagian room section
diharuskan menggunakan teknik dan procedure making bed, membersihkan kamar
tamu, kamar mandi dan lain sebagainya sesuai dengan yang telah ditentukan oleh
pihak hotel, serta menggunakan peralatan yang benar, misalnya vacum cleaner,
moping, sapu, duspant dan lain - lain. Hotel ini memiliki kelemahan kurangnya
kerjasama yang baik antar karyawan. Sedangkan, peluang dan tantangannya yaitu
dapat memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada para tamu dan
ketatnya persaingan. | en_US |