• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM KERJA ROOM SECTION PADA DEPARTEMEN TATA GRAHA DI GRAND MIRAGE RESORT BALI (WORK SYSTEM ROOM SECTION IN HOUSEKEEPING DEPARTMENT AT THE GRAND MIRAGE RESORT BALI)

    Thumbnail
    View/Open
    AB (254)a_1.pdf (372.0Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    EKA JUWITA SARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Laporan Praktek Kerja Nyata ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana sistem kerja room section di Grand Mirage Resort Bali untuk meningkatkan tingkat hunian kamar dan mutu pelayanan hotel, terutama pada departemen Tata Graha. Sistem kerja room section di hotel ini adalah, memberikan pelayanan 24 jam penuh dengan tujuan agar dapat memenuhi kebutuhan tamu setiap saat dan manajemen hotel melakukan sistem pembagian jaam kerja untuk terwujudnya pelayanan yang efektif dan efisien. Room boy / maid harus melakukan beberapa tahapan sebelum melaksanakan tugasnya untuk membersihkan kamar tamu yaitu memeriksa kamar dan membuat laporan, menyiapkan kereta pramugraha atau room boy / maid. Room section dalam sistem kerjanya selain membersihkan kamar, tetapi juga memiliki tugas untuk turndown (membuka tempat tidur). Kegiatan ini dilakukan oleh room boy / maid evening shift (shift sore) pada pukul 18.00 WITA, serta melakukan service (pelayanan) lain yaitu merapikan pakaian tamu, melakukan pembersihan seperlunya apabila ada yang kotor,membuang sampah dan mengganti towel (handuk). Karyawan terutama dibagian room section diharuskan menggunakan teknik dan procedure making bed, membersihkan kamar tamu, kamar mandi dan lain sebagainya sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pihak hotel, serta menggunakan peralatan yang benar, misalnya vacum cleaner, moping, sapu, duspant dan lain - lain. Hotel ini memiliki kelemahan kurangnya kerjasama yang baik antar karyawan. Sedangkan, peluang dan tantangannya yaitu dapat memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada para tamu dan ketatnya persaingan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25066
    Collections
    • DP-Travel Agent [261]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository