dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi atau hasil belajar siswa
khususnya di bidang studi fisika. Selain itu banyaknya guru yang menggunakan model
pembelajaran yang kurang cocok, penggunaan media yang kurang tepat, kondisi kelas yang selalu
pasif, termasuk juga kurangnya guru memperhatikan keadaan dan minat siswa dalam kelas,
sehingga pembelajaran kurang bermakna. Selain itu dalam proses pembelajaran juga diperlukan
suasana kelas yang menyenangkan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar
siswa memegang peranan penting untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Berdasarkan
observasi di kelas VII E MTs Negeri Jember 3 Tanggul Tahun Pelajaran 2008/2009, ditemukan
motivasi belajar siswa yang masih rendah dengan skor motivasi rata-rata sebesar 2,40. Berdasarkan
informasi dari guru bidang studi fisika, hasil ulangan harian fisika siswa terhadap pre-test sebelum
tindakan menunjukkan bahwa pengetahuan fisika siswa sangat rendah. Adapun tujuan penelitian ini
adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Model EAT (Experience, Analysis and Theory) dalam
meningkatkan motivasi belajar fisika siswa di MTs Negeri Jember 3 Tanggul, 2) Untuk
mengkaji peningkatan hasil belajar fisika siswa dengan Model EAT (Experience, Analysis and
Theory) di MTs Negeri Jember 3 Tanggul.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan Penelitian
Tindakan Kelas melalui Aplikasi Model Pembelajaran EAT (Experience, Analysis and Theory)
untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas VII E MTs Negeri Jember 3
Tanggul. Model Pembelajaran EAT memberikan suasana belajar yang menyenangkan tanpa
mengendurkan tingkat konsentrasi siswa. Selain itu, model tersebut juga dapat meningkatkan
konsentrasi dan daya tangkap siswa terhadap materi pelajaran. | en_US |