• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    APLIKASI MODEL EAT (Experience, Analysis, and Theory) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (PTK Pada Siswa Kelas VII E MTs Negeri Jember 3 Tanggul Semester Gasal Tahun Pelajaran 2008/2009)

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (96)S_1.pdf (497.3Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Azimatun Ni’mah Hasan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi atau hasil belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Selain itu banyaknya guru yang menggunakan model pembelajaran yang kurang cocok, penggunaan media yang kurang tepat, kondisi kelas yang selalu pasif, termasuk juga kurangnya guru memperhatikan keadaan dan minat siswa dalam kelas, sehingga pembelajaran kurang bermakna. Selain itu dalam proses pembelajaran juga diperlukan suasana kelas yang menyenangkan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa memegang peranan penting untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Berdasarkan observasi di kelas VII E MTs Negeri Jember 3 Tanggul Tahun Pelajaran 2008/2009, ditemukan motivasi belajar siswa yang masih rendah dengan skor motivasi rata-rata sebesar 2,40. Berdasarkan informasi dari guru bidang studi fisika, hasil ulangan harian fisika siswa terhadap pre-test sebelum tindakan menunjukkan bahwa pengetahuan fisika siswa sangat rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Model EAT (Experience, Analysis and Theory) dalam meningkatkan motivasi belajar fisika siswa di MTs Negeri Jember 3 Tanggul, 2) Untuk mengkaji peningkatan hasil belajar fisika siswa dengan Model EAT (Experience, Analysis and Theory) di MTs Negeri Jember 3 Tanggul. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan Penelitian Tindakan Kelas melalui Aplikasi Model Pembelajaran EAT (Experience, Analysis and Theory) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas VII E MTs Negeri Jember 3 Tanggul. Model Pembelajaran EAT memberikan suasana belajar yang menyenangkan tanpa mengendurkan tingkat konsentrasi siswa. Selain itu, model tersebut juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya tangkap siswa terhadap materi pelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24934
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository