Show simple item record

dc.contributor.authorFitria Puspitasari
dc.date.accessioned2014-01-25T05:52:04Z
dc.date.available2014-01-25T05:52:04Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM070910202002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24125
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan diversifikasi produk makanan pada UMKM yang berbasis inovasi di Kota Blitar. Penelitian ini dilaksanakan pada usaha mikro Dhenok Group, usaha kecil Cangjos, dan usaha menengah Ibu Prajitno yang melakukan diversifikasi dan inovasi produk makanan di Kota Blitar. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2011 sampai bulan Mei 2011. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik snowball sampling dalam menentukan informan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang yang terkait dengan diversifikasi dan inovasi produk makanan UMKM di Kota Blitar. Analisis data menggunakan domain dan taksonomi. Analisis domain dilakukan dengan cara melihat gambaran umum perusahaan meliputi sejarah, visi misi, struktur organisasi, tujuan perusahaan, dan bentuk inovasi yang dilakukan perusahaan. Sedangkan analisis taksonomi dilakukan dengan proses kreatif dan inovasi. Diversifikasi produk makanan adalah bentuk kreatifitas yang dilakukan dalam bentuk inovasi oleh perusahaan. Kreatifitas tersebut diperoleh dari pemikiran, gagasan, membaca buku, majalah, jalan-jalan ke luar daerah, mengikuti kursus membuat makanan, dan pelatihan yang berkaitan dengan produk makanan. Di dalam melakukan proses diversifikasi dan inovasi membutuhkan keberanian untuk memulainya dan memasarkan produknya kepada pelanggan. Pelaku usaha UMKM dituntut untuk kerja keras, berani mencoba, mengenali pasar yang dituju, mengetahui selera dan harapan konsumen. Diversifikasi dalam sebuah perusahaan akan mengalami fluktuasi. Penjualan produk akan mengalami kenaikan ketika memperoleh pesanan, hari raya agama, hari libur. Pada musim tersebut produk mengalami penjualan lebih banyak dari biasanya. Produk akan mengalami penurunan penjualan ketika bulan puasa, tidak ada pesanan, dan selera konsumen menurun. Diversifikasi produk tidak akan tergantung pada satu jenis produknya saja tetapi perusahaan juga dapat mengandalkan jenis produk yang lain. Produk makanan UMKM bersifat non durable goods yaitu jenis makanan yang tidak tahan lama. Oleh karena itu, pengemasan produknya perlu diperhatikan agar produk tidak cepat rusak sebelum tanggal kadaluwarsa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910202002;
dc.subjectDIVERSIFIKASI PRODUK MAKANAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)en_US
dc.titleDIVERSIFIKASI PRODUK MAKANAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BERBASIS INOVASI DI KOTA BLITARen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record