• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    DIVERSIFIKASI PRODUK MAKANAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BERBASIS INOVASI DI KOTA BLITAR

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (288)x_1.pdf (540.7Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    Fitria Puspitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan diversifikasi produk makanan pada UMKM yang berbasis inovasi di Kota Blitar. Penelitian ini dilaksanakan pada usaha mikro Dhenok Group, usaha kecil Cangjos, dan usaha menengah Ibu Prajitno yang melakukan diversifikasi dan inovasi produk makanan di Kota Blitar. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2011 sampai bulan Mei 2011. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik snowball sampling dalam menentukan informan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang yang terkait dengan diversifikasi dan inovasi produk makanan UMKM di Kota Blitar. Analisis data menggunakan domain dan taksonomi. Analisis domain dilakukan dengan cara melihat gambaran umum perusahaan meliputi sejarah, visi misi, struktur organisasi, tujuan perusahaan, dan bentuk inovasi yang dilakukan perusahaan. Sedangkan analisis taksonomi dilakukan dengan proses kreatif dan inovasi. Diversifikasi produk makanan adalah bentuk kreatifitas yang dilakukan dalam bentuk inovasi oleh perusahaan. Kreatifitas tersebut diperoleh dari pemikiran, gagasan, membaca buku, majalah, jalan-jalan ke luar daerah, mengikuti kursus membuat makanan, dan pelatihan yang berkaitan dengan produk makanan. Di dalam melakukan proses diversifikasi dan inovasi membutuhkan keberanian untuk memulainya dan memasarkan produknya kepada pelanggan. Pelaku usaha UMKM dituntut untuk kerja keras, berani mencoba, mengenali pasar yang dituju, mengetahui selera dan harapan konsumen. Diversifikasi dalam sebuah perusahaan akan mengalami fluktuasi. Penjualan produk akan mengalami kenaikan ketika memperoleh pesanan, hari raya agama, hari libur. Pada musim tersebut produk mengalami penjualan lebih banyak dari biasanya. Produk akan mengalami penurunan penjualan ketika bulan puasa, tidak ada pesanan, dan selera konsumen menurun. Diversifikasi produk tidak akan tergantung pada satu jenis produknya saja tetapi perusahaan juga dapat mengandalkan jenis produk yang lain. Produk makanan UMKM bersifat non durable goods yaitu jenis makanan yang tidak tahan lama. Oleh karena itu, pengemasan produknya perlu diperhatikan agar produk tidak cepat rusak sebelum tanggal kadaluwarsa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24125
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5656]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository