dc.description.abstract | Penelitian dilaksanakan di SDN Tegalwaru 04 Kecamatan Mayang
Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 10 siswa, 6 siswa laki-laki dan 4
siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang heterogen. Penelitian
ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian
tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan deskriptif
kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan datadilkukan tanggal 16
Maret 2011 sampai 28 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN
Tegalwaru 04 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan
berupa aktifitas iswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang
diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa presentase aktifitas siswa selama
pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah social adalah : pada siklus
Iprosentase hasil aktifitas siswa dengan criteria baik sebesar 60%, siklus II sebesar
80%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 10% siswa dengan criteria hasil belajar kurang, dan 20% dengan criteria hasil belajar cukup.
Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa presentase ketuntasan hasil belajar
siswa secara klasikal adalah 80%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktifitas dan hasil belajar pada materi masalah-masalah social dapat menciptakan
pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani
mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar
serta dapat meningkatkan keakraban siswa. | en_US |