• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MASALAH-MASALAH SOSIAL IPS KELAS IV SDN TEGALWARU 04 KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (28)X_1.pdf (306.2Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    Fatmawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilaksanakan di SDN Tegalwaru 04 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 10 siswa, 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan datadilkukan tanggal 16 Maret 2011 sampai 28 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tegalwaru 04 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas iswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa presentase aktifitas siswa selama pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah social adalah : pada siklus Iprosentase hasil aktifitas siswa dengan criteria baik sebesar 60%, siklus II sebesar 80%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 10% siswa dengan criteria hasil belajar kurang, dan 20% dengan criteria hasil belajar cukup. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa presentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi masalah-masalah social dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24112
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository