• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA REALITA DI SD ISLAM MADINATUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (301)_1.pdf (223.8Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Sofiatul Hasanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA masih menggunakan metode konvensional dan jarang menggunakan media belajar. Pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan terlihat hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dengan media Realita dapat memberikan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV selama proses pembelajaran IPA materi sifat dan perubahan wujud benda melalui Metode Eksperimen dengan Media Realita pada siswa kelas IV SD Islam Madinatul ulum Jenggawah – Jember Tahun Pelajaran 2011 – 2012? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi sifat dan perubahan wujud benda melalui Metode Eksperimen dengan Media Realita pada siswa kelas IV SD Islam Madinatul ulum Jenggawah – Jember Tahun Pelajaran 2011 – 2012? Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pemmbelajarana IPA pokok bahasan gerak benda melalui merode eksperimen dengan media Realita, (2) untuk mengkaji peningkatan hasil belajar IPA siswa pada pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda melalui metode eksperimen dengan media Realita. Penelitian ini disajikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilakukan dengan mendesain meodifikasi model penelitian kemmis dan Mc Taggrac yang dilaksanakan di SD Islam Madinatul Ulum Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 25 siswa yagn terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus dan berlangsung 2 siklus. Pada siklus 2 yang dilakukan dengan tindakan, terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu : Aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus : Pa = 100% dan E = 100. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan individu yang terdiri dari prasiklus sebesar 24 % dengan 12 siswa belum tuntas, termasuk dalam kategori belum tuntas secara klasikal. Siklus I sebesar 57,57% dengan 6 siswa belum tuntas, persentase tersebut dalam kategori tuntas secara klasikal, dan siklus II sebesar 72,5 % dengan 5 siswa yang belum tuntas, dalam kategori tuntas secara klasikal. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa selama pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dengan media Realita mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori sangat aktif; (2) penerapan metode eksperimen dengan media Realita pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Madinatul Ulum Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Oleh karena itu penelitian di SD Islam Madinatul Ulum Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Berdasakan hasil penelitian, disarankan agar guru dapat mencoba metode eksperimen pada materi lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23338
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository