Show simple item record

dc.contributor.authorGalih Setyohadi
dc.date.accessioned2014-01-24T04:38:48Z
dc.date.available2014-01-24T04:38:48Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM051710101011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23231
dc.description.abstractTepung ikan adalah produk kaya protein dan mineral serta berkadar air rendah yang diperoleh dari penggilingan ikan. Ketatnya persaingan di industri pakan ternak saat ini mendorong perusahaan untuk senantiasa memperbaiki dan menciptakan terobosan dalam mengelola usahanya. Pelaku usaha harus tetap memperhatikan perkembangan perusahaan pesaing melalui kegiatan pemasaran yang efektif. Perencanaan pemasaran yang baik akan meningkatkan keuntungan. Namun, belum banyak pelaku usaha termasuk industry tepung ikan yang melakukan analisis tata niaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tata niaga, efisiensi dari total biaya pemasaran dan profitabilitas volume pemasaran, serta perubahan kadar air dan kadar protein pada rantai tata niaga di UD Dua Berlian Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan September 2010 di UD Dua Berlian Puger Jember. Penelitian ini dimulai dengan observasi untuk penentuan perusahaan sasaran dan penyiapan kuisioner. Isi kuisioner meliputi pertanyaan mengenai biaya produksi, proses produksi, proses penyimpanan dan proses pemasaran. Tahap selanjutnya adalah pengumpulan dan analisis data. Pengumpulan data dengan cara wawancara dan penyebaran kuisioner. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis efisiensi pemasaran, profitabilitas, kadar air dan kadar protein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode 2008-2010 UD Dua Berlian Puger Jember mempunyai bentuk rantai tata niaga produsen-pengecer-konsumen dan produsen-pedagang besar-pengecer-konsumen, dengan nilai rata-rata evaluasi biaya pemasaran masing-masing sebesar 5,9285% dan 5,97%, serta nilai profitabilitas 41,76% dan 44,08%. Selama masa menunggu distribusi terjadi perubahan kadar air dan protein tepung ikan. Hal ini mengindikasikan pentingnya pemasukan asumsi biaya perawatan gudang dalam penyusunan biaya pemasaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries051710101011;
dc.subjectTATA NIAGA, PEMASARANen_US
dc.titleSTUDI RANTAI TATA NIAGA PEMASARAN PADA PERUSAHAAN PRODUKSI TEPUNG IKAN : STUDI KASUS DI UD DUA BERLIAN PUGER JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record