Show simple item record

dc.contributor.authorLilik Nur Holifah
dc.date.accessioned2014-01-24T00:55:50Z
dc.date.available2014-01-24T00:55:50Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM090210204166
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22965
dc.description.abstractlmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial serta berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap, dan keterampilan siswa tentang masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Hal ini menunjukkan bahwa IPS selalu berubah-ubah atau dinamis, sehingga diperlukan metode atau model pembelajaran yang variatif dalam menyampaikan materi IPS agar siswa mampu memahami konsep dalam mempelajari IPS yang senantiasa mengalami perubahan. Hasil observasi pendahuluan saat proses pembelajaran IPS di kelas IV SDN Sidomukti 02 menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini terjadi karena guru masih menggunakan metode konvensional dan terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran. Proses pembelajaran tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga kurang memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengkonstruksi pengetahuan secara aktif melalui proses penemuan selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, dilakukan kerjasama dengan guru kelas untuk membuat suatu rencana perbaikan pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga merupakan upaya yang ditempuh untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti 02 kecamatan Mayang kabupaten Jember pada siswa kelas IV sebanyak 27 orang ix siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema Hopkins dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidomukti 02 mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Hasil analisis data untuk ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari pelaksanaan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelum tindakan siklus dilakukan. Hal ini terbukti dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh sebelum tindakan siklus, siklus I, dan siklus II secara berturutturut masing-masing adalah sebesar 30%, 74,07%, dan 81,48%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS SDN Sidomukti 02. Disarankan agar metode pembelajaran guided discovery melalui permainan ular tangga dapat digunakan sebagai alternative metode pembelajaran yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran IPS maupun mata pelajaran lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204166;
dc.subjectPeningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPSen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI SDN SIDOMUKTI 02 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record