dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran di SDN Kebonsari 02 kurang meningkatkan keaktifan
siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa
rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru kelas III dalam kegiatan pembelajaran
kurang bervariasi dan pembelajarannya masih berpusat pada buku teks (text book
oriented) dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini disebabkan
karena guru belum memiliki metode yang baik dalam mengajar, guru hanya berceramah
dan memberi tugas, media pembelajarannya juga belum lengkap. Hal ini berdampak
pada hasil belajar IPS siswa yang masih terbilang kurang maksimal. Oleh karena itu,
guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan
menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan
materi maupun karakteristik siswa.
Berdasarkan masalah di atas, maka penelitian ini menggunakan metode diskusi
dan media uang. Penggunaan metode diskusi dan media uang dalam pembelajaran IPS
kelas III diharapkan dapat merangsang siswa untuk berinteraksi satu sama lain dalam
menyebutkan alat tukar yang sah dan mengelola uang dengan baik. Metode dan media
ini dapat dipergunakan secara efektif oleh guru-guru dalam usaha membangkitkan
minat, kemadirian, dan kreativitas siswa. Oleh karena itu peneliti menggunakan siswa
kelas III SDN Kebonsari 02 Jember untuk penelitian. Rumusan masalah pada penelitian
ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan metode diskusi dan media pembelajaran uang
dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember
dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan uang?, (2) Bagaimanakah penerapan
metode diskusi dan media pembelajaran uang dapat meningkatkan hasil belajar pada
siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan uang?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah:
(1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember
dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan uang melalui penerapan metode diskusi
dan media uang, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Kebonsari
02 Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan uang melalui penerapan
metode diskusi dan media uang.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kebonsari 02 Jember yang terdiri
dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya
adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan
data dilakukan mulai tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan 25 Mei 2011 dengan subjek
penelitian siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember. Data yang dikumpulkan berupa
penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar
siswa sebesar 46,67% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar
67,08% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai
62,50% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 56,67%. Pada siklus II, hasil belajar
siswa secara klasikal mencapai 73,33%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar
93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN
Kebonsari 02 Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan uang. Peningkatan
persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,41%, sedangan
peningkatan persentase hasil belajar sebesar 10,83% dan ketuntasannya sebesar 36,66%.
Oleh karena itu penelitian di SDN Kebonsari 02 Jember tuntas. Beberapa saran
berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi dan media uang,
sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam
menyampaikan pelajaran, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari
informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang
lebih luas. | en_US |