• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN UANG DENGAN METODE DISKUSI DAN MEDIA UANG PADA SISWA KELAS III SDN KEBONSARI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-lusfiaagus-5526-1-lusfiaa-n_1.pdf (172.6Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Lusfia Agustin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran di SDN Kebonsari 02 kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru kelas III dalam kegiatan pembelajaran kurang bervariasi dan pembelajarannya masih berpusat pada buku teks (text book oriented) dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini disebabkan karena guru belum memiliki metode yang baik dalam mengajar, guru hanya berceramah dan memberi tugas, media pembelajarannya juga belum lengkap. Hal ini berdampak pada hasil belajar IPS siswa yang masih terbilang kurang maksimal. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Berdasarkan masalah di atas, maka penelitian ini menggunakan metode diskusi dan media uang. Penggunaan metode diskusi dan media uang dalam pembelajaran IPS kelas III diharapkan dapat merangsang siswa untuk berinteraksi satu sama lain dalam menyebutkan alat tukar yang sah dan mengelola uang dengan baik. Metode dan media ini dapat dipergunakan secara efektif oleh guru-guru dalam usaha membangkitkan minat, kemadirian, dan kreativitas siswa. Oleh karena itu peneliti menggunakan siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember untuk penelitian. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan metode diskusi dan media pembelajaran uang dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan uang?, (2) Bagaimanakah penerapan metode diskusi dan media pembelajaran uang dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan uang?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan uang melalui penerapan metode diskusi dan media uang, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan uang melalui penerapan metode diskusi dan media uang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kebonsari 02 Jember yang terdiri dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan 25 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 46,67% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar 67,08% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 62,50% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 56,67%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 73,33%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Kebonsari 02 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan uang. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,41%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 10,83% dan ketuntasannya sebesar 36,66%. Oleh karena itu penelitian di SDN Kebonsari 02 Jember tuntas. Beberapa saran berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi dan media uang, sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22944
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository