Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Rahayu
dc.date.accessioned2014-01-23T13:07:49Z
dc.date.available2014-01-23T13:07:49Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210204249
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22584
dc.description.abstractKegiatan belajar di rumah tidak lepas dari peranan orang tua sebagai pihak yang turut bertanggung jawab atas masa depan mereka. Peran orang tua dalam mendidik anak di rumah harus dapat berjalan beriringan dengan pihak sekolah atau guru untuk mencapai tujuan bersama yaitu peningkatan prestasi belajar anak lebih optimal. Peran serta orang tua diantaranya pemenuhan fasilitas belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua di rumah. Faktor-faktor diatas merupakan sebagian dari banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui Tingkat Keterlibatan Orang Tua dalam Penyediaan Fasilitas Belajar dan Bimbingan Belajar di Rumah Hubungannya dengan Prestasi Belajar IPA (Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010). Metode penentuan daerah yang digunakan adalah purposive yaitu siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember semester genap. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah propotional random sampling sebanyak 55 siswa, sedangkan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara tingkat keterlibatan orang tua dalam penyediaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010 sebesar 0,306 tergolong korelasi rendah atau dengan kata lain sebesar 30,6% keterlibatan orang tua dalam penyediaan fasilitas belajar berhubungan dengan prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji korelasi, terdapat hubungan antara tingkat keterlibatan dalam bimbingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010 sebesar 0,379 tergolong korelasi rendah atau dengan kata lain sebesar 37,9% keterlibatan orang tua dalam bimbingan belajar di rumah berhubungan dengan prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010. Terdapat hubungan antara tingkat keterlibatan dalam penyediaan fasilitas belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010 sebesar 0,470 tergolong korelasi agak rendah atau dengan kata lain sebesar 47% keterlibatan orang tua dalam penyediaan fasilitas belajar dan bimbingan belajar di rumah berhubungan dengan prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204249;
dc.subjectKeterlibatan Orang Tua, Penyediaan, Fasilitas Belajar, Bimbingan Belajaren_US
dc.titleTingkat Keterlibatan Orang Tua dalam Penyediaan Fasilitas Belajar dan Bimbingan Belajar di Rumah Hubungannya dengan Prestasi Belajar IPAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record