SRA-Education: Recent submissions
Now showing items 541-560 of 1352
-
DINAMIKA UPACARA PERKAWINAN ADAT JAWA GAYA SOLO
(UNEJ, 2014)Penduduk di Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir mayoritas berasal dari etnis Jawa yang dalam melangsungkan upacara perkawinan adat Jawa menggunakan gaya Solo Putri. Penelitian ini mendeskripsikan tentang asal usul upacara ... -
TINDAK TUTUR BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI TERAPIS-PASIEN PADA KOLOM “KONSULTASI”
(UNEJ, 2014)Tindak tutur adalah merupakan tindakan manusia dalam melakukan tuturan melalui kata-kata yang dilakukan penutur dan lawan tutur. Tindak tutur merupakan salah satu cabang ilmu pragmatik yang berhubungan dengan bahasa yang ... -
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Dengan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Pakusari Jember
(UNEJ, 2014)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif model Co-op Co-op berbasis lesson Study pada Mata Pelajaran Biologi sub bahasan Sistem Imun ... -
Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Pkn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi di SD Negeri Mumbulsari 01
(UNEJ, 2014)Abstrak Pembelajaran PKn di kelas IVB SDN Mumbulsari 01 masih menggunakan pembelajaan konvensional yakni ceramah dan penugasan. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan ... -
IMPROVING THE GRADE VIII-D STUDENTS’ ACTIVE PARTICIPATION AND THEIR READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT BY USING COMPOSITE PICTURES AT SMPN 1 ARJASA-JEMBER
(UNEJ, 2014)The aim of this research is to improve the grade VIII-D students’ active participation and their reading comprehension achievement by the use of composite pictures as the teaching learning media. Composite pictures are ... -
Penerapan Model Problem Based Learning dilengkapi Teknik Mind Mappung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI Ips di Sma Negeri 1 Klakah Tahun Ajaran 2014-2015
(UNEJ, 2015)Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara kreatif, kritis dan analitis, serta tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan ... -
MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MTs(Studi eksperimen model inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTsN 2 Jember)
(UNEJ, 2014)Guided inquiry model with concept map technique is one alternative that encourages students to be active in learning, which emphasizes the understanding of science concepts that make students learning more meaningful. ... -
Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Kotaanyar III Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Tahun Pelajaran 2012/2013
(UNEJ, 2013)Latar belakang masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPA di SDN Kotaanyar III Probolinggo adalah guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan ... -
Penerapan Model PAIKEM Menggunakan Media Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi di SDN Mojosari 04 Jember
(UNEJ, 2013)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojosari 04 Jember pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan penerapan model PAIKEM menggunakan media puzzle. ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP
(UNEJ, 2012)participate actively in learning through discussion and practice , giving students freedom to create an active learning environment , which is expected to provide a positive influence on learning outcomes and the ... -
PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5 E DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII B SMPN 2 JANGKAR SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013
(UNEJ, 2013)5E Learning Cycle Model is a model of student-centered learning (student centered) which consists of five phases that are related to each other. The five phases are engagement, exploration, explanation, elaboration, and ... -
Penerapan Model KWL (Know, Want, Learn) dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Terbimbing Siswa Kelas IV SDN Badean 01 Jember
(UNEJ, 2012)Pembelajaran melalui Model KWL (Know, Want, Learn) dengan menggunakan Media gambar seri Pada Siswa Kelas IV SDN Badean 01 Jember. Penelitian ini digunakan dalam aspek menulis karangan narasi. Pembelajaran melalui model ... -
PEMILIHAN DAN PEMANFAATAN BUKU TEKS MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO
(UNEJ, 2013)A textbook lesson is one of learning and media sources that are used by the teacher in the learning process. A very dominant in its role as a source of learning, textbooks compiled and adapted to the standards of competence ... -
Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III B SDN Patrang 02 Jember pada Pokok Bahasan Uang Tahun Ajaran 2012/2013
(UNEJ, 2013)Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III B SDN Patrang 02 Jember pada Pokok Bahasan Uang Tahun Ajaran ... -
Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di SD Negeri Mumbulsari 1 Kabupaten Jember Tahun 2013-2014
(UNEJ, 2014)Pembelajaran IPA di SD Negeri Mumbulsari 1 Jember hanya menggunakan metode ceramah dan tidak pernah melakukan eksperimen. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu ... -
Penerapan Metode Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya Kelas V SDN Glundengan 01 Wuluhan Jember
(UNEJ, 2012)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ... -
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SUMBERSARI 02 JEMBER POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT TAHUN PELAJARAN 2012-2013
(UNEJ, 2012)This study aimed to describe the teaching and learning process using discovery learning methods on topic of triangle and rectangle that can improve student’s activities and achievment. This research was conducted toward ... -
PEMANFAATAN SITUS MEGALITIKUM DI KECAMATAN TLOGOSARI KABUPATEN BONDOWOSO SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH
(UNEJ, 2014)Tujuan dari penelitian ini adalah: mengkaji pemanfaatan situs megalitikum sebagai sumber belajar sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian sejarah menggunakan langkah-langkah heuristik, kritik, ... -
PEMANFAATAN KREDIT OLEH PEDAGANG NASI BABEBO DI DEPAN PASAR INDUK BONDOWOSO
(UNEJ, 2014)Kredit sangat penting bagi masyarakat yang memiliki usaha di sektor informal, karena dengan bantuan modal dari hasil kredit yang diberikan oleh lembaga keuangan formal sepeti BRI, BNI dan Bank Jatim dapat digunakan ... -
NILAI-NILAI MORAL DALAM DONGENG DI WILAYAH EKS-KARESIDENAN BESUKI
(UNEJ, 2013)Moral values is the basis for judging a person in terms of human kindness. Understanding of the importance of moral values need to be given to children at an early age. Fairy tale is seen as one medium that is appropriate ...