Browsing SRA-Education by Author "Sihono"
Now showing items 1-20 of 34
-
Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IV SDN 1 Asembagus Tahun Pelajaran 2013/2014
Anggraeni Kusuma Regalia, Bhety; Satrijono, Hari; Sihono (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Asembagus dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas IV SDN 1 Asembagus dalam menulis surat pribadi. Berdasarkan data awal ditemukan ketidaktepatan siswa kelas IV SDN 1 ... -
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kemampuan Menyimak Cerita dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Jember Lor 02 Tahun Pelajaran 2014/2015
Muh Nur Kholil; Hari Satrijono; Sihono (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jember Lor 02. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menyelesaikan tugas akhir, dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kemampuan ... -
Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Puisi
Lita Wahyuning Sari; Hari Satrijono; Sihono (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di kelas III A SDN Patrang 01 Jember bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media gambar dan untuk meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa melalui penerapan media gambar. Hal ini ... -
Meningkatkan Kemampuan Menyimak
Ratih Anggita Cristanti; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2013)Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Nogosari 04 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas II melalui media boneka tangan. Hal ini dikarenakan di SD Negeri ... -
Meningkatkan Kemampuan Menyimak Intensif Unsur Cerita Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas V SDN SumberLesung 04 Kecamatan Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2013-2014 (Improving the Fifth Grage Student's Intensife listening
Dwi Purnomo, Angga; Satrijono, Hari; Sihono (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas V melalui media audio visual. Hal ini dikarenakan di SDN Sumberlesung 04 Jember kemampuan ... -
Pemanfaatan Teknik Mendongeng Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SD Kartika IX-1 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014-2015
Rosa Rahmania Putri; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Kartika IX-1 untuk meningkatkan minat baca siswa dengan menerapkan teknik mendongeng. Hal ini dikarenakan siswa masih memiliki minat baca yang rendah. Siswa kurang memiliki ... -
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II.
Dwi Fitriyah; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ... -
Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrawan 01 Jember
Tituk Handayani; Rahayu; Sihono (UNEJ, 2012)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mrawan 01 Jember dengan tujuan untuk menerapkan metode inquiry agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan teknologi ... -
Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Berbagai Pekerjaan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015
Feni Rohmawati, Rohmawati; Yayuk Mardiati, Mardiati; Sihono (UNEJ, 2015)Pembelajaran tematik di SDN Sidomukti 1 Probolinggo lebih sering menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi dan belum pernah menerapkan metode role playing dalam pembelajaran. Dampak dari kondisi ini adalah ... -
Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Berbagai Pekerjaan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015
Feni Rohmawati; Yayuk Mardiati; Sihono (UNEJ, 2015)Pembelajaran tematik di SDN Sidomukti 1 Probolinggo lebih sering menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi dan belum pernah menerapkan metode role playing dalam pembelajaran. Dampak dari kondisi ini adalah ... -
Penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema “Cita-citaku” di SDN Kebonsari 05 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Mochammad Suryadi Airlangga; Imam Muchtar; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan pada tema “cita-citaku” di SDN Kebonsari 05 Jember. Aktivitas ... -
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe NHT untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso Tentang Sub Bab Perubahan Wujud Benda
Amalia Cici Dwi Pratiwi; Singgih Bektiarso; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih ... -
Penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi Kelas V di SDN Kembiritan 05 Banyuwangi Tahun Ajaran 2013/2014
Galuh Windari Putri, Putri; Sihono; Imam Muchtar, Muchtar (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kembiritan 05 Banyuwangi dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan NKRI di SDN 01 Karangrejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016
Elsa Mardianita; Sihono; Chumi Zahroul F. (UNEJ, 2016)Pembelajaran PKn menekankan siswa untuk berpartisipasi aktif, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaran. Kurang bervariasinya model pembelajaran menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang baik. Guru harus ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indanhnya Negeriku Di SDN Kebonsari 05
Shinta Wedari; Imam Muchtar; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dengan Teknik Mind Map Tema Indahnya Negeriku. Jenis ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Peran Anggota Keluarga di SDN Kencong 03 Jember
Dewi Lestari; Rahayu; Sihono (UNEJ, 2016)Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran pada tahun 1994. Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat memupuk kerja sama siswa dalam ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi di SDNU Bagorejo 01 Jember
Ingga Aditya Pradana; Sihono; Khutobah (UNEJ, 2016)Pembelajaran IPS di sekolah dasar hendaknya dapat merangsang peran aktif siswa dan memberikan pengetahuan yang kompleks kepada siswa melalui fakta, peristiwa, interaksi, dan isu-isu sosial yang terjadi di dalam masyarakat. ... -
Penerapan model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi di SDN Tegalsari 03 Ambulu
Novita Diah Nurmala; Yayuk Mardiati; Sihono (UNEJ, 2016)Hakikat pembelajaran IPS merupakan bidang studi yang mempelajari manusia dalam semua aspek kehidupan dan interaksinya dalam masyarakat. Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization adalah suatu model ... -
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Lingkungan Alam di SDN Sumbersari 02 Jember
Nurul Ipmawati; Rahayu; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari 02 Jember mata pelajaran PKn. Hal tersebut dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab. ... -
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Siswa Kelas V c SDN Ajung 03
Yayan Suryana, Suryana; Titik Sugiarti, Sugiarti; Sihono (UNEJ, 2014)Pembelajaran dikatakan baik jika kondisi pembelajaran aktif dan hasil belajar yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Terdapat suatu hubungan atau keterkaitan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa ...