Browsing SRA-Education by Author "Imam Muchtar"
Now showing items 1-17 of 17
-
Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan
Putri Nur Laily Rahmawati; Imam Muchtar; Yayuk Mardiati (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SD Darul Hikmah Kranjingan Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Jumlah siswa kelas V adalah 14 orang. Jumlah siswa laki-laki ada 6 siswa, dan siswa ... -
Penerapan Metode Role Playing dengan Media Gambar untuk Meningkatkan
Mujibatur Rohmah; Imam Muchtar; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode role playing dengan media gambar pada siswa kelas V SDN Ampel 04 Wuluhan – Jember. Jenis penelitian ini merupakan ... -
Penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema “Cita-citaku” di SDN Kebonsari 05 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Mochammad Suryadi Airlangga; Imam Muchtar; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan pada tema “cita-citaku” di SDN Kebonsari 05 Jember. Aktivitas ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indanhnya Negeriku Di SDN Kebonsari 05
Shinta Wedari; Imam Muchtar; Sihono (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dengan Teknik Mind Map Tema Indahnya Negeriku. Jenis ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku di SDN Kebonsari 01 Jember
Serly Ayu Sayektie; Imam Muchtar; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Pembelajaran tematik integratif bertujuan untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai serta pemikiran yang kreatif. Pemilihan dan penggunaan model pembelajaran yang belum maksimal menyebabkan aktivitas dan hasil ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran Pkn Tema Harga Diri di SDN Ampel 04 Wuluhan Jember
Vivit Nurul Fadilah; Imam Muchtar; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Ampel 04 Wuluhan Jember dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Ampel ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA DI SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBER
Novi Dwi Ratna Putri; Imam Muchtar; Yayuk Mardiati (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang kelas VA di SD Muhammadiyah 1 Jember pada tema Sejarah Peradaban Indonesia sub tema Melestarikan Peninggalan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA Tema Bangga Menjadi Bangsa Indonesia di SDN Kebonsari 01 Jember
Dina Sofianah; Imam Muchtar; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kebonsari 01 Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Tema Bangga Menjadi Bangsa Indonesia. ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVB Tema Cita-citaku di SDN Kebonsari 01 Jember
Enis Ardiawati; Imam Muchtar; Rahayu (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Tema Cita-citaku. ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA Tema Organ TubuhManusia dan Hewan di SD Muhammadiyah 1 Jember
Roviqotul Tri Mashuda; Imam Muchtar; Rahayu (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA di SD Muhammadiyah 1 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) tema organ ... -
PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
Noviantika Yuanis; Imam Muchtar; Rahayu (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas yang cukup aktif dan hasil belajar siswa yang cukup/sedang pada kelas IV SDN Jatisari 01 Jember pokok bahasan globalisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ... -
Penerapan Strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Cita-Citaku di SDN Kebonsari 05 Jember
Mebtan Dwi Permana; Imam Muchtar; Chumi Zahroul Fitriah (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup aktif dan hasil belajar siswa dalam kategori baik kelas IV di SDN Kebonsari 5 Jember pada tema Indahnya Kebersamaan, subtema Keberagaman ... -
Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Pkn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi di SD Negeri Mumbulsari 01
Rina Widanti; Imam Muchtar; Syarifuddin (UNEJ, 2014)Abstrak Pembelajaran PKn di kelas IVB SDN Mumbulsari 01 masih menggunakan pembelajaan konvensional yakni ceramah dan penugasan. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa
Nurvita Fatimatus Zahro; Imam Muchtar; Misno (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Yosorati 02 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa kelas V yang diajar dengan pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama memperoleh ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pelajaran PKn Pokok Bahasan Keputusan Bersama melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Siswa Kelas V Semester Genap di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
Siti Jumiati; Imam Muchtar; Sihono (UNEJ, 2014)Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk membentuk pribadi menjadi warga negara yang baik melalui proses pembelajaran di sekolah. Namun, pelajaran PKn masih dianggap pelajaran yang ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II-A melalui Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Pembelajaran Pkn Tema Sikap Demokratis di SDN Tegalgede 01 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
Shara Permata Sany; Imam Muchtar; Sihono (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas II-A SDN Tegalgede 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas II-A melalui penerapan metode bermain peran (role playing) dalam pembelajaran Pkn ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) Dalam Pembelajaran Pkn Pokok Bahasan Organisasi Kelas VA di SDN Jember Kidul 04
Winda Irma Ningsih; Imam Muchtar; Rahayu (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA melalui penerapan strategi belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review). Hal ...