• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Cita-Citaku di SDN Kebonsari 05 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    MEBTAN DWI PERMANA.odt (430.1Kb)
    Date
    2016
    Author
    Mebtan Dwi Permana
    Imam Muchtar
    Chumi Zahroul Fitriah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup aktif dan hasil belajar siswa dalam kategori baik kelas IV di SDN Kebonsari 5 Jember pada tema Indahnya Kebersamaan, subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema Cita-citaku sub tema Hebatnya Cita-citaku Pembelajaran 1 melalui penerapan strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan di SDN Kebonsari 5 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema Cita-citaku sub tema Hebatnya Cita-citaku Pembelajaran 1 melalui penerapan strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan di SDN Kebonsari 5 Jember.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN Kebonsari 5 Jember.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebonsari 5 Jember yang berjumlah 22 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan Skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 78,86 pada siklus I dan pada siklus II 83,86 sedangkan hasil belajar siswa untuk penilaian pengetahuan secara klasikal meningkat menjadi 73,77 pada siklus I dan pada siklus II 80,04 Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian sikap secara klasikal meningkat menjadi 72,04 pada siklus I dan pada siklus II 76,02. Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian keterampilan secara klasikal meningkat menjadi 79,54 pada siklus I dan pada siklus II 84,05.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77369
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository