• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PADA SISWA KELAS I SDN RAMBIPUJI 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    S (121)s_1.pdf (393.7Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Yayuk Dwi Purwati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecenderungan proses belajar mengajar di sekolah yang berpusat pada guru (teacher oriented) mengakibatkan siswa cenderung menerima materi pelajaran secara pasif, hal ini sangat mengurangi tanggung jawab siswa atas tugas belajarnya sehingga mengakibatkan hasil belajar matematika rendah. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya siswa kelas I pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Metode diskusi kelompok adalah suatu metode belajar mengajar dengan adanya suatu proses interaksi antara dua atau lebih individu yang terlibat, saling tukar menukar pengalaman, informasi, dan memecahkan masalah. Media ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan melalui penerapan metode diskusi kelompok menggunakan media ular tangga dengan pin poin di kelas I SDN Rambipuji 01 Tahun Pelajaran 2010/2011?, (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan melalui penerapan metode diskusi kelompok menggunakan media ular tangga dengan pin poin di kelas I SDN Rambipuji 01 Tahun Pelajaran 2010/2011?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan melalui penerapan metode diskusi kelompok menggunakan media ular tangga dengan pin poin di kelas I SDN Rambipuji 01 Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan melalui penerapan metode diskusi kelompok menggunakan media ular tangga dengan pin poin di kelas I SDN Rambipuji 01 Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN Rambipuji 01 Jember yang terdiri dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 12 Februari 2011 sampai dengan 23 Februari 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas I SDN Rambipuji 01 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 49,17%, sedangkan persentase hasil belajar siswa mencapai 59,33% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 56,67%. Pada siklus II, persentase aktivitas siswa sebesar 63,33%, sedangkan persentase hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 70%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%. Oleh karena itu adanya peningkatan aktivitas siswa sebesar 13,33% sedangkan ketuntasan hasil belajarnya sebesar 33,33%. Secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Rambipuji 01 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan. Persentase aktivitas siswa siklus I dan II meningkat sebesar 13,33%. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 59,33% dengan siswa tuntas sebanyak 17 dari 30 siswa sedangkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus II yaitu 90% dengan siswa tuntas sebanyak 27 dari 30 siswa. Peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 33,33%, sehingga penelitian dianggap tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22070
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5640]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository