Show simple item record

dc.contributor.authorIta Muspita
dc.date.accessioned2014-01-23T04:09:32Z
dc.date.available2014-01-23T04:09:32Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM040210402062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21987
dc.description.abstractPreposisi merupakan kata atau golongan kata yang berfungsi menghubungkan kata atau frase, dan menandai berbagai hubungan makna antara konstituen di depan preposisi tersebut dengan konstituen di belakangnya dalam sebuah kalimat. Penggunaan preposisi yang tidak tepat dapat menyebabkan kalimat menjadi tidak efektif dan dapat mengubah maksud kalimat. Ketidaktepatan berbahasa ini lebih mudah tampak pada bahasa tulis daripada bahasa lisan. Hal ini dikarenakan penggunaan kata yang kurang tepat dalam bahasa tulis dapat memiliki dua makna, sehingga dapat menghasilkan pemahaman yang berbeda antara komunikator dengan komunikan. Ketidaktepatan penggunaan preposisi banyak ditemukan dalam karangan siswa. Ketidaktepatan ini disebabkan ketidakmengertian dan ketidakpedulian siswa akan pentingnya tata tulis. Ketika mengarang, siswa hanya terfokus pada penuangan ide, gagasan, atau alur cerita yang akan mereka tuliskan, sehingga penulisan preposisi atau kata depan kurang diperhatikan. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan menjadi tiga, yaitu: 1) bagaimanakah wujud preposisi yang terdapat dalam hasil karangan deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember, 2) bagaimanakah wujud kesalahan penggunaan preposisi dalam karangan deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember, dan 3) apakah faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan preposisi dalam karangan deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah dapat mendeskripsikan : 1) wujud preposisi yang terdapat dalam karangan deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember, 2) wujud kesalahan penggunaan preposisi dalam karangan deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember, dan 3) faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan preposisi dalam karangan deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, angket, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, yang terdiri atas telaah data yaitu membaca hasil karangan siswa kemudian ditelaah; identifikasi kesalahan yaitu mengamati ketidaktepatan penggunaan preposisi yang terdapat dalam hasil karangan siswa; klasifikasi data yaitu pengelompokan atau mengklasifikasikan data sesuai dengan tipe kesalahan penggunaan preposisi. Agar lebih mudah, maka setiap data diberi kode. Kode PTD untuk jenis preposisi tunggal yang berupa kata dasar, kode PTA untuk jenis preposisi tunggal yang berupa kata berafiks, kode PGD untuk jenis preposisi gabungan yang berdampingan, dan kode PGK untuk jenis preposisi gabungan yang berkorelasi; menganalisis bentuk kesalahan penggunaan preposisi yang digunakan siswa dalam hasil karangannya; koreksi kesalahan yaitu mengoreksi hasil karangan siswa untuk mengetahui kesalahan penggunaan preposisi yang dilakukan oleh siswa tersebut, dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan preposisi dalam karangan deskripsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preposisi yang digunakan oleh siswa SMA Negeri 5 Jember sebagian besar yaitu preposisi di, ke, dari, pada, dengan, untuk, hingga (sampai), oleh, tanpa, tentang, demi, bersama, kepada, menuju, daripada, sejak…hingga…, dari…ke…, dan dari…sampai…. Penggunaan preposisi dalam karangan deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 5 Jember masih terdapat ketidaktepatan dalam penggunaannya dilihat dari fungsi semantik, fungsi sintaktik, dan fungsi ortografisnya. Penggunaan preposisi yang kurang tepat tersebut sebagian besar ditemukan pada jenis preposisi di, ke, dari, dan bersama. Faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan preposisi yang dilakukan oleh siswa meliputi kurangnya ketelitian siswa dalam penulisan, sikap tidak peduli siswa terhadap pentingnya penggunaan preposisi dalam suatu karangan, kurangnya minat siswa terhadap materi pembelajaran mengarang, kurangnya pemahaman siswa mengenai penggunaan preposisi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran: 1) bagi guru bahasa Indonesia, hendaknya memberikan latihan-latihan kepada siswa yang melakukan kesalahan dalam menggunakan preposisi agar siswa lebih memahami tentang penggunaan preposisi, sehingga tidak melakukan kesalahan lagi. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan untuk mengajarkan materi morfologi bahasa Indonesia khususnya penggunaan preposisi, dan dapat mempelajari kembali hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan bagi perkembangan ilmu pengetahuan selanjutnya, 2) bagi siswa SMA, dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk lebih memperhatikan dan teliti dalam menggunakan preposisi dalam kegiatan pembelajaran menulis karangan, dan 3) bagi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan agar lebih memperhatikan penggunaan preposisi dalam penulisan sebuah karya tulis ilmiah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210402062;
dc.subjectPREPOSISI ,KARANGAN DESKRIPSIen_US
dc.titleKETIDAKTEPATAN PENGGUNAAN PREPOSISI DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record