• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN OPEN-ENDED PROBLEM DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TANPA OPEN-ENDED PROBLEM SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-fkip-gdlhub-gdl-lutfidesiy-3859-1-lutfide-i_1.pdf (208.2Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Lutfi Desiyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment yang bermaksud untuk mengkaji perbandingan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif dengan open-ended problem dan pembelajaran kooperatif tanpa open-ended problem sub pokok bahasan keliling dan luas bangun segiempat. Populasi penelitiannya yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2009/2010. Sedangkan sampel penelitiannya yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Data utama dalam penelitian ini berupa nilai tes kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Hasil analisa data utama dilakukan dengan uji hipotesis penelitian. Uji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan program SPSS 12.0 For Windows dengan teknik independent samples t-test. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh nilai t t tabel hitung sebesar 4,948. Nilai dengan uji dua pihak diperoleh sebesar 1,994. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusannya maka diputuskan untuk menolak H yaitu terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif dengan open-ended problem dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tanpa open-ended problem. Nilai t 0 dengan uji satu pihak kanan diperoleh sebesar 1,667. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusannya maka diputuskan untuk menolak H0 tabel yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif dengan open-ended problem lebih baik dibandingkan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tanpa open-ended problem. Keputusan dari hasil uji hipotesis tersebut didukung oleh hasil analisa data pendukung yaitu hasil observasi dan hasil wawancara. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen lebih aktif dibandingkan siswa di kelas kontrol. Hasil wawancara juga menunjukkan adanya respon positif baik dari guru bidang studi matematika kelas VII maupun dari siswa. Kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan siswa di kelas kontrol. Hal ini disebabkan siswa di kelas eksperimen sudah terbiasa dengan open-ended problem yang diberikan pada setiap pertemuan. Open-ended problem ini menuntut siswa di kelas eksperimen lebih kreatif dalam melakukan pemecahan masalah sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa dalam melakukan pemecahan masalah mengalami peningkatan. Hal ini memungkinkan siswa di kelas eksperimen tidak begitu banyak mengalami kesulitan untuk mengerjakan masalah tertutup yang terbiasa dikerjakan oleh siswa di kelas kontrol. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif dengan open-ended problem dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tanpa open-ended problem; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif dengan open-ended problem lebih baik dibandingkan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tanpa open-ended problem.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21527
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository