• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Kartu Bercerita pada Siswa Kelas III SDN Mangli 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (307)_1_processed.pdf (163.7Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Nur Kasri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IIIB SDN Mangli 01 Jember masih tergolong rendah terutama pada kemampuan menentukan pilihan kata, keruntutan gagasan dan penggunaan ejaan dan tanda baca. Hal ini disebabkan guru kurang mampu menciptakan proses pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Pembelajaran hanya berlangsung satu arah atau berpusat pada guru yaitu dari guru kepada siswa. Akibatnya, siswa merasa kaku dan cepat bosan sehingga tidak mampu mengungkapkan pikiran dan perasaannya secara total dalam menulis karangan. Media pembelajaran kartu bercerita adalah salah satu alat pembelajaran yang berupa kartu yang berisi kalimat yang digunakan dalam upaya meningkatkan mutu hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengarang. Dengan menggunakan media pembelajaran kartu bercerita, siswa diajak bermain sambil belajar. Artinya, guru membuat suasana yang sedemikian rupa sehingga siswa secara tidak disadari melakukan kegiatan belajar dalam permainannya. Media kartu bercerita dipilih karena selain dapat mengaktifkan dan memotivasi siswa juga dapat mengorganisir daya nalar siswa untuk menuangkan gagasannya dalam menulis karangan secara runtut. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti mengangkat permasalahan (1) bagaimanakah proses penerapan media kartu bercerita yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember, dan (2) bagaimanakah hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember setelah digunakan media kartu bercerita. xii Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskrisikan proses penerapan media kartu bercerita yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember; dan (2) mendeskripsikan hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember setelah digunakan media kartu bercerita. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Mangli 01 Jember dan diikuti oleh seluruh siswa kelas IIIB sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masingmasing dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dan dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IIIB SDN Mangli 01 Jember. Kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media kartu bercerita diketahui ada peningkatan pada setiap siklus. Dari jumlah siswa sebanyak 32, pada tahap prasiklus terdapat 20 siswa yang tidak tuntas (62,5%) dan yang tuntas hanya 12 siswa (37,5%). Pada siklus I terjadi peningkatan, siswa yang tidak tuntas tinggal 15 siswa (47%), dan yang tuntas mencapai 17 siswa (53%). Pada siklus I belum mencapai standar ketuntasan secara klasikal. Setelah diterapkan siklus II, maka hasil belajar siswa meningkat. Siswa yang tuntas sudah mencapai 26 siswa (81%), dan yang tidak tuntas tinggal 6 siswa (19%) dan dinyatakan tuntas secara klasikal. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagi guru kelas, hendaknya menggunakan media pembelajaran seperti media kartu bercerita atau media yang lainnya untuk membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa sehingga kemampuan menulisnya megalami peningkatan, dan 2) bagi sekolah, hendaknya menyediakan fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran yang berupa media-media pembelajaran khususnya untuk menunjang mata pelajaran Bahasa Indonesia agar siswa menguasai keempat aspek keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan, menulis, berbicara, dan membaca.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21058
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository