Show simple item record

dc.contributor.authorSamsul Muarif
dc.date.accessioned2014-01-22T05:37:18Z
dc.date.available2014-01-22T05:37:18Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM040210102071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20969
dc.description.abstractPendidikan merupakan faktor yang sangat menentukan bagi kualitas kehidupan bangsa. Langkah maju dalam dinamika pendidikan nasional yang telah dilakukan oleh Depdiknas adalah penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP merupakan salah satu bentuk realisasi kebijakan desentralisasi di bidang pendidikan agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah yang bersangkutan di masa sekarang dan yang akan datang dengan mempertimbangkan kepentingan lokal, nasional dan tuntutan global dengan semangat manajemen berbasis sekolah (MBS). Berpijak dari pengertian di atas, maka guru dan pihak sekolah diberi wewenang yang luas untuk menyusun sendiri kurikulum (materi pembelajaran) dengan berpegangan pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta panduan-panduan yang telah disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Berdasarkan uraian di atas maka diadakan penelitian mengenai Respon Guru Fisika Terhadap Silabus Fisika Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Studi pada Guru Fisika SMA Negeri di Kotatif Jember). Penelitian ini mengambil sampel guru fisika SMA Negeri di Kotatif Jember. SMA Negeri yang berada di Kotatif Jember tersebut adalah SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 5. Cara pengambilan sampel dipilih dengan pertimbangan untuk memudahkan peneliti dalam mengambil data, menghemat biaya, dan transportasi. Untuk menentukan daerah penelitian digunakan metode purposive sampling area yaitu tempat penelitian sudah ditentukan dengan sengaja dan untuk mencapai tujuan tertentu. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru bidang studi fisika SMA Negeri yang telah menerapkan Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar respon guru fisika tentang silabus fisika Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP adalah baik. Respon tersebut meliputi respon guru fisika terhadap pengertian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), ciri-ciri KTSP, komponen-komponen KTSP, Silabus dan prinsip-prinsip pengembangan silabus serta pengembangan KTSP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210102071;
dc.subjectSILABUS FISIKAen_US
dc.titleRESPON GURU FISIKA TERHADAP SILABUS FISIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi pada Guru Fisika SMA Negeri di Kotatif Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record