RESPON GURU FISIKA TERHADAP SILABUS FISIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi pada Guru Fisika SMA Negeri di Kotatif Jember)
Abstract
Pendidikan merupakan faktor yang sangat menentukan bagi kualitas
kehidupan bangsa. Langkah maju dalam dinamika pendidikan nasional yang telah
dilakukan oleh Depdiknas adalah penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kompetensi
(KBK) menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP adalah
kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan
pendidikan. KTSP merupakan salah satu bentuk realisasi kebijakan desentralisasi di
bidang pendidikan agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan
pengembangan potensi peserta didik di sekolah yang bersangkutan di masa sekarang
dan yang akan datang dengan mempertimbangkan kepentingan lokal, nasional dan
tuntutan global dengan semangat manajemen berbasis sekolah (MBS). Berpijak dari
pengertian di atas, maka guru dan pihak sekolah diberi wewenang yang luas untuk
menyusun sendiri kurikulum (materi pembelajaran) dengan berpegangan pada standar
isi dan standar kompetensi lulusan serta panduan-panduan yang telah disusun oleh
Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Berdasarkan uraian di atas maka
diadakan penelitian mengenai Respon Guru Fisika Terhadap Silabus Fisika
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Studi pada Guru Fisika SMA Negeri
di Kotatif Jember).
Penelitian ini mengambil sampel guru fisika SMA Negeri di Kotatif Jember.
SMA Negeri yang berada di Kotatif Jember tersebut adalah SMA Negeri 1, SMA
Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 5. Cara pengambilan sampel dipilih dengan pertimbangan untuk memudahkan peneliti dalam mengambil
data, menghemat biaya, dan transportasi. Untuk menentukan daerah penelitian
digunakan metode purposive sampling area yaitu tempat penelitian sudah ditentukan
dengan sengaja dan untuk mencapai tujuan tertentu. Sumber data dalam penelitian ini
diperoleh dari guru bidang studi fisika SMA Negeri yang telah menerapkan
Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan beberapa teknik, yaitu: angket, wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar respon guru fisika
tentang silabus fisika Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP adalah baik.
Respon tersebut meliputi respon guru fisika terhadap pengertian Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP), ciri-ciri KTSP, komponen-komponen KTSP, Silabus dan
prinsip-prinsip pengembangan silabus serta pengembangan KTSP.