Pelaksanaan Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada PT Jamsostek Cabang Jember
Abstract
Berdasarkan kegiatan-kegiatan dan pengamatan yang dilakukan secara
langsung selama PKN pada JAMSOSTEK, maka dapat di ambil kesimpulan
sebagai berikut :
a. Menerima Surat Masuk
Pelaksanaan pengurusan surat masuk di Jamsostek menggunakan azas
sentralisasi organisasi yaitu satu pintu yang pada prinsipnya sama dengan
penerimaan surat pada biro sekretariat perusahaan kantor pusat yaitu :
1. Surat masuk diterima oleh petugas TU yang ditunjuk
2. Petugas TU meneliti dan memeriksa kebenaran alamat yang dituju
3. Surat yang berciri rahasia tidak dibuka
b. Pencatatan surat keluar
Pelaksanaan pengurusan surat keluar di jamsostek harus melalui beberapa
unit pengolah yang mana petugas harus mengagendakan surat keluar pada
buku agenda surat keluar yang pada dasarnya mempunyai prinsip yang sama
yaitu :
1. Sebelum surat ditanda tangani oleh direktur atau pimpinan pengolah harus
diteliti lebih dahulu kebenaran surat (alamat surat, lampiran apabila ada)
2. Menyampaikan surat kepada urusan biro sekretariat perusahaan dalam
keadaan tertutup untuk diproses
3. Setelah surat diproses maka surat segera dikirim sesuai dengan alamat
yang dituju
4. Setelah surat dikirim surat yang tidak asli di file dan dijadikan arsip
c. Mengarsip Surat atau Berkas
Pada dasarnya penataan berkas disusun secara sistematis yang berpedoman
pada klasifikasi arsip dan indeks. Adapun langkah penataan arsip meliputi :
1. Menentukan kode klasifikasi, indeks dan memasukkan arsip
2. Menata surat dan menata folder kedalam sekat
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]