• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) NGANJUK (Studi pada Poli Umum, Poli Anak, Poli Kulit & Kelamin, Poli Penyakit Dalam dan Poli Paru)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (89)xx_1.pdf (518.8Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    RIOJANA WI HASTHA NUGRAHA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dimana tiap-tiap daerah berhak atas kemajuan daerahnya sendiri dengan mengatur kepentingan masyarakat sesuai dengan tuntutan dan kepentingan masyarakatnya. Otonomi daerah ini diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat. Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara 7 Juli 2005 Nomor: SE/10/M.PAN/07/2005 tentang prioritas peningkatan pelayanan publik, kesehatan merupakan salah satu bidang pelayanan publik yang perlu diperhatikan kualitasnya dan ditingkatkan mutu pelayanannya. Adapun salah satu lembaga penyelenggara pelayanan kesehatan yaitu rumah sakit, yang wajib untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Adanya keluhan-keluhan dari pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nganjuk, seperti kurangnya sarana prasarana yang memadai seperti ruang tunggu dan alat komunikasi, pelayanan yang kurang cepat serta keterlambatan waktu pelayanan dokter merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan oleh pihak rumah sakit khususnya pada instalasi rawat jalan. Dari hal tersebut maka peningkatan kualitas memang harus dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Nganjuk (RSUD) agar mewujudkan harapan pasien sehingga tercapai suatu kepuasan bagi penerima layanan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “bagaimana kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nganjuk. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nganjuk khususnya pada Poli Umum, Poli Anak, Poli Kulit & Kelamin, Poli Penyakit Dalam Dan Poli Paru. Metode penelitian yang digunakan adalah model Service Quality, yaitu dengan membandingkan antara harapan dan persepsi dari pasien atas pelayanan kesehatan rawat jalan yang diterima, dimana di dalamnya terkandung 5 (lima) Indikator penilaian terhadap kualitas pelayanan yaitu Bukti Langsung (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness ), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empathy). Sedangkan untuk mengukur timgkat kualitas pelayanan dapat dihitung dengan mengurangi skor persepsi dengan skor harapan pasien. Adapun hasil penelitian yang diperoleh melalui hasil perhitungan menggunakan model Servqual, diketahui bahwa kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan diperoleh skor Negatif pada tiap-tiap dimensi yaitu Bukti Langsung (-4,9) , Keandalan (-8,1), Daya tanggap (-7,5), Jaminan (-7,5).dan Empati (-6,1). Dari penghitungan skor diatas maka dapat dikatakan bahwa tingkat kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nganjuk tidak baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20375
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5662]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository