• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Aktivitas belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika dengan Model Kooperatif Tipe Learning Together Disertai Presentasi Tugas pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 3 Tanggul

    Thumbnail
    View/Open
    A (229)xc_1.pdf (677.2Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    KIRNAWATI, Fitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Aktivitas belajar siswa memegang peranan penting dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII-F SMP Negeri 3 Tanggul, ditemukan aktivitas belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukan dari data hasil observasi awal diproleh 57,5% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru; 40% siswa yang aktif mencatat; 22,5% siswa yang aktif bertanya; dan 50% siswa yang aktif menjawab pertanyaan. Jadi skor rata-rata aktivitas belajar siswa 42,5%, untuk hasil belajar fisika siswa dari 40 siswa 30% mendapatkan skor di bawah 50; 52,5% mendapatkan skor antara 50-75; dan hanya 17,5% siswa mendapatkan skor di atas 75. Salah satu metode yang relevan diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah Model Kooperatif Tipe Learning Together Disertai Presentasi Tugas. Model ini merupakan salah satu model yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang pembelajaran, dengan tujuan sebagai berikut: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan Model Kooperatif Tipe Learning Together disertai Presentasi Tugas pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 3 Tanggul; (2) mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan Model Kooperatif Tipe Learning Together disertai Presentasi Tugas pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 3 Tanggul. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-F SMP Negeri 3 Tanggul yang didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah “penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan post-test. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian; (2) persentase aktivitas belajar untuk menentukan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II; (3) persentase ketuntasan hasil belajar untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian. Data hasil observasi yang memperlihatkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan perlakuan hanya mencapai 42,5%, sedangkan aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan perlakuan telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 69,17%. Pada siklus II aktivitas belajar telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 84,59%. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya perlakuan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya perlakuan adalah sebesar 17,5%, pada pembelajaran siklus I sebesar 67,5% dan pada siklus II sebesar 87,5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan model kooperatif tipe learning together disertai presentasi tugas dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor kelas VII-F di SMP Negeri 3 Tanggul; (2) penerapan model kooperatif tipe learning together disertai presentasi tugas dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor kelas VII-F di SMP Negeri 3 Tanggul.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19929
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository