• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MEDIA FOTO SEBAGAI PEMICU KEMAMPUAN MEREPRESENTASIKAN (VERBAL DAN MEDIA FOTO DILENGKAPI GAMBAR KONSEP FISIKA SEBAGAI PEMICU KEMAMPUAN SISWA SMA MEREPRESENTASIKAN (VERBAL DAN MATEMATIS) DILENGKAPI GAMBAR KONSEP FISIKA SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA Kajian Pada: Konsep Kinematika Gerak Lurus) (Kajian Pada: Konsep MATEMATIS) Kinematika Gerak Lurus)

    Thumbnail
    View/Open
    kip(69)x_1.pdf (522.1Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Ahmad Nanang Rasyid
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu sebab fisika dikatakan sebagai pelajaran yang sulit adalah karena fisika menuntut siswa untuk menguasai representasi-representasi berbeda secara bersamaan dan mengelola perubahan di antara representasi-representasi ini (Angel, 2004). Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) pendekatan dan metode yang digunakan dalam mengajarkan konsep-konsep fisika seolah menegaskan bahwa konsep-konsep fisika adalah kumpulan rumus matematis yang harus dihafalkan. Hal tersebut disebabkan kebanyakan guru fisika sering terjebak untuk mengajarkan fisika dengan hanya menonjolkan representasi matematis tanpa mengajarkan konsep fisika secara utuh dan tanpa menunjukkan peristiwa yang sebenarnya terjadi. Media foto dilengkapi gambar konsep fisika sebagai pemicu kemampuan representasi, yakni melalui media berupa foto yang dilengkapi gambar konsep fisika, diharapkan siswa dapat termotivasi untuk belajar dan melalui media ini siswa juga dapat mengetahui proses atau peristiwa fisika yang terjadi, dengan demikian pembelajaran nantinya dapat terfokus pada masalah tertentu dan siswa terlatih untuk dapat menyelesaikan soal, merepresentasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam bentuk representasi yang berbeda, sehingga mendorong siswa untuk membangun pemahaman terhadap situasi secara mendalam
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19692
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3425]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • MEDIA FOTO DILENGKAPI GAMBAR KONSEP FISIKA SEBAGAI PEMICU KEMAMPUAN SISWA SMA MEREPRESENTASIKAN (VERBAL DAN MATEMATIS) DILENGKAPI GAMBAR KONSEP FISIKA SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA 

      Ahmad Nanang Rasyid (2013-12-20)
      Salah satu sebab fisika dikatakan sebagai pelajaran yang sulit adalah karena fisika menuntut siswa untuk menguasai representasi-representasi berbeda secara bersamaan dan mengelola perubahan di antara representasi-representasi ...
    • PEMBELAJARAN REMEDI MELALUI KAJIAN KESULITAN BELAJAR DALAM MENVELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA (Studi Hasil Belajar Konsep Fisika dan Konsep Matematis Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Siswa SMU Negeri I Arjasa Kelas I Cawu Ill Tahun Ajaran 2000/2001) 

      Siti Sundari (2015-02-09)
      Pengajaran fisika disekolah-sekolah masih banyak dijumpai siswa yang mengalami kcsulitan bclajar, dan guru ticlak mau tahu dimana letak kesulitan brlajar siswa pada konsep fisika atau konsep matematisnya. Permasalahan ...
    • Kajian Konsep-konsep Fisika pada Permainan Tradisional Layang-layang sebagai Rancangan E-Suplemen Fisika 

      Rahayu, Afira Fitrie (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-13)
      Fisika mempelajari makna dari bagaimana suatu fenomena bisa terjadi, baik fenomena alam, kegiatan manusia dan makhluk hidup lainnya. Permainan tradisional layang-layang salah satu kegiatan manusia yang mencangkup konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository