Show simple item record

dc.contributor.authorRini Dwi Puspaningrum
dc.date.accessioned2014-01-21T04:17:20Z
dc.date.available2014-01-21T04:17:20Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210204257
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19518
dc.description.abstractPembelajaran IPS kelas V SDN Gadingrejo 02 pokok bahasan yang dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa adalah pokok bahasan Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah. Hal ini siswa seringkali mengalami kesulitan dan kekeliruan dalam menyelesaikan soal-soal latihan. Hal ini disebabkan karena siswa hanya bekerja sendiri dimana kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal sangat minim. Selama ini mereka hanya menerima apa saja yang diberikan oleh guru dan tidak pernah bertanya kepada guru atau teman yang lebih tahu jika mereka mengalamai kesulitan dan siswa yang bisa menjawab tidak mau memberikan penjelasan kepada siswa lain yang belum mengerti. Terlebih lagi guru jarang memberikan soal-soal latihan. Guru hanya menjelaskan materi dan membuat rangkuman. Oleh karena itu, jika siswa diberi soal-soal latihan mereka tidak bisa menjawab, yang bisa mereka jawab hanya soal-soal yang sama persis dengan yang dicontohkan oleh guru. Guru dan peneliti menduga model pembelajaran yang digunakan selama ini belum efektif. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa khususnya siswa kelas V pada pokok bahasan Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar IPS siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pokok Bahasan Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah di Kelas V SDN Gadingrejo 02 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gadingrejo 02 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V genap SDN Gadingrejo 02 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2009/2010, sebanyak 25 siswa sebagai responden penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom action research (CAR). Penelitian ini menggunakan model skema penelitian Kemmis & McTaggart (dalam Sunardi) dimana penelitian tindakan dilaksanakan berupa proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu suklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, mengamati, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan untuk menghitung persentase ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan analisis deskripsi kuantitatif yaitu hanya berdasarkan hasil tes. Persentase ketuntasan klasikal seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 74,6% sedangkan pada siklus II sebesar 81,4 % sehingga mengalami peningkatan sebesar 6,8%. Hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 63,6, siklus II meningkat menjadi 72. Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 8,4. Hasil belajar IPS siswa dapat mecapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 44%, siklus II meningkat menjadi 84%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 40%. Kesimpulannya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gadingrejo 02 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pokok Bahasan Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204257;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD MATA PELAJARAN IPSen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD MATA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAH DI KELAS V SDN GADINGREJO 02 KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2009-2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record