Show simple item record

dc.contributor.authorYUSMAN ISNAINI
dc.date.accessioned2014-01-21T03:42:52Z
dc.date.available2014-01-21T03:42:52Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM030210301193
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19459
dc.description.abstractPerum Pegadaian Cabang Kalisat merupakan Perum Pegadaian yang memiliki omzet terkecil jika dibandingkan dengan Perum Pegadaian yang lain dan mengalami penurunan pertumbuhan uang pinjaman selama 5 tahun sebesar 14,23 % Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari variabel strategi pemasaran yang terdiri atas : biaya promosi, biaya pendidikan dan latihan, biaya sarana dan prasarana terhadap omzet perusahaan dan juga untuk mengetahui variabel manakah yang dominan mempengaruhi omzet perusahaan tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah diskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk membuktikan hipotesis yang telah ditentukan. Penentuan daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive. Metode penentuan sampel dengan menggunakan metode purposive random sampling,. Sampel yang diambil adalah sebanyak data mengenai biaya promosi, biaya pendidikan dan latihan, biaya sarana dan prasarana dan data omzet perusahaan mulai tahun 2003 - 2007. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Metode analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial yang digunakan meliputi : persamaan garis regresi linier berganda, analisis determinasi berganda, uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Biaya pemasaran meliputi : biaya promosi, biaya pendidikan dan latihan, biaya sarana dan prasarana secara bersama-sama ( simultan ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap omzet perusahaan. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Biaya pemasaran jasa terhadap omzet perusahaan, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F hitung > F tabel (2,79) dengan signifikansi 0.00 dan koefisien determinasi sebesar 0.770 yang berarti bahwa variabel strategi pemasaran yang meliputi : biaya promosi, biaya pendidikan dan latihan, biaya sarana dan prasarana secara simultan mempengaruhi omzet perusahaan sebesar 77 %. Hasil analisis melalui uju t, diperoleh data bahwa variabel biaya promosi ( X1 ) mempunyai pengaruh dominan terhadap omzet perusahaan. Hal ini ditujukan dengan nilai hasil uji t, yaitu : X1 = 3.757, X2 = 2,590 X3 = 2,636 selain itu juga dapat dilihat melalui proporsi sumbangan dari masing-masing variabel, yaitu : X1 = 39,86 %, X2 = 27,79 % dan X3 = 9,37 %. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa variabel Biaya pemasaran yang terdiri atas Biaya promosi ( X1 ) , biaya pendidikan dan latihan ( X2 ), biaya sarana dan prasarana ( X 3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap omzet perusahaan pada Perum Pegadaian Kantor Cabang kalisat. Variabel biaya promosi ( X1 ) adalah variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap omzet perusahaan Perum Pegadaian kantor cabang Kalisat dibandingkan dengan variabel lainnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210301193;
dc.subjectBiaya pemasaran ( biaya promosi, biaya pendidikan dan latihan, biaya sarana dan prasarana ) terhadap omzet penjulan.en_US
dc.titleBEBERAPA VARIABEL BIAYA PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI OMZET PERUSAHAAN PADA PERUM. PEGADAIAN KANTOR CABANG KALISAT JEMBER TAHUN 2003 - 2007en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record