• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    BEBERAPA VARIABEL BIAYA PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI OMZET PERUSAHAAN PADA PERUM. PEGADAIAN KANTOR CABANG KALISAT JEMBER TAHUN 2003 - 2007

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-yusmanisna-1945-yusmani-u_1.pdf (18.00Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    YUSMAN ISNAINI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perum Pegadaian Cabang Kalisat merupakan Perum Pegadaian yang memiliki omzet terkecil jika dibandingkan dengan Perum Pegadaian yang lain dan mengalami penurunan pertumbuhan uang pinjaman selama 5 tahun sebesar 14,23 % Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari variabel strategi pemasaran yang terdiri atas : biaya promosi, biaya pendidikan dan latihan, biaya sarana dan prasarana terhadap omzet perusahaan dan juga untuk mengetahui variabel manakah yang dominan mempengaruhi omzet perusahaan tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah diskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk membuktikan hipotesis yang telah ditentukan. Penentuan daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive. Metode penentuan sampel dengan menggunakan metode purposive random sampling,. Sampel yang diambil adalah sebanyak data mengenai biaya promosi, biaya pendidikan dan latihan, biaya sarana dan prasarana dan data omzet perusahaan mulai tahun 2003 - 2007. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Metode analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial yang digunakan meliputi : persamaan garis regresi linier berganda, analisis determinasi berganda, uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Biaya pemasaran meliputi : biaya promosi, biaya pendidikan dan latihan, biaya sarana dan prasarana secara bersama-sama ( simultan ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap omzet perusahaan. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Biaya pemasaran jasa terhadap omzet perusahaan, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F hitung > F tabel (2,79) dengan signifikansi 0.00 dan koefisien determinasi sebesar 0.770 yang berarti bahwa variabel strategi pemasaran yang meliputi : biaya promosi, biaya pendidikan dan latihan, biaya sarana dan prasarana secara simultan mempengaruhi omzet perusahaan sebesar 77 %. Hasil analisis melalui uju t, diperoleh data bahwa variabel biaya promosi ( X1 ) mempunyai pengaruh dominan terhadap omzet perusahaan. Hal ini ditujukan dengan nilai hasil uji t, yaitu : X1 = 3.757, X2 = 2,590 X3 = 2,636 selain itu juga dapat dilihat melalui proporsi sumbangan dari masing-masing variabel, yaitu : X1 = 39,86 %, X2 = 27,79 % dan X3 = 9,37 %. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa variabel Biaya pemasaran yang terdiri atas Biaya promosi ( X1 ) , biaya pendidikan dan latihan ( X2 ), biaya sarana dan prasarana ( X 3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap omzet perusahaan pada Perum Pegadaian Kantor Cabang kalisat. Variabel biaya promosi ( X1 ) adalah variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap omzet perusahaan Perum Pegadaian kantor cabang Kalisat dibandingkan dengan variabel lainnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19459
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • ANALISIS PENGARUH BIAYA PERIKLANAN, BIAYA PERSONAL SELLING DAN BIAYA PROMOSI PENJUALAN PADA UD. JAYA ABADI MOTOR 

      lrawati, S. Faizah (2015-12-04)
      Penelitian dengan judul "Analisis Pengaruh Biaya Periklanan, Biaya Personal Selling dan Biaya Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan Pada UD Jaya Abadi Motor Jember dilakukan ...
    • ANALISIS PENGARUH BIAYA PERIKLANAN, BIAYA PERSONAL SELLING DAN BIAYA PROMOSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD. JAYA ABADI MOTOR JEMBER 

      Irawati, S. Faizah
      Penelitian dengan judul "Analisis Pengaruh Biaya Periklanan, Biaya Personal Selling dan Biaya Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjulan Pada UD Jaya Abadi Motor Jember dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya ...
    • Analisis Pengaruh Biaya Periklanan, Biaya Personal Selling Dan Biaya Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Jaya Abadi Motor Jember 

      Irawati, S.Faizah (Fakultas Ekonomi Universitas Jember, 2004-03)
      Penelitian Ini Menjelaskan Tentang Masalah Yang Dihadapi Oleh Perusahaan Yang Bergerak Dibidang Otomotif Khususnya Penjualan Sepeda Motor Adalah Tingkat Penjualan Yang Masih Berfluktuasi , Walaupun Perusahaan Telah Cukup ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository