dc.contributor.author | YUNIA IDHA VILLAN RAMDHANI | |
dc.date.accessioned | 2014-01-21T02:15:07Z | |
dc.date.available | 2014-01-21T02:15:07Z | |
dc.date.issued | 2014-01-21 | |
dc.identifier.nim | NIM020210301317 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19288 | |
dc.description.abstract | Proses belajar tanpa adanya fasilitas belajar yang lengkap serta tanpa adanya
motivasi belajar akan memperoleh hasil yang tidak optimal. Peranan fasilitas belajar
di rumah serta adanya motivasi belajar dari orang lain yaitu guru di sekolah dan wali
murid di rumah harus berjalan beriringan bersama-sama, saling melengkapi guna
mencapai tujuan tertentu yaitu hasil belajar anak yang optimal bagi anak. Kedua
faktor tersebut adalah sebagian dari banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi
hasil belajar siswa. Faktor kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar
diperlukan dengan tujuan memudahkan dan mempelajari proses belajar di rumah
yang akhirnya berujung pada hasil belajar yang diinginkan yaitu hasil belajar yang
optimal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan fasilitas belajar di rumah
dan motivasi belajar secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar mata pelajaran ekonomi studi kasus di SMP Negeri 12 Jember kelas 8
semester genap tahun ajaran 2006/2007. Hal ini ditunjukkan dengan hasil
perhitungan uji asumsi klasik regresi linier berganda sebagai syarat apakah model
regresi linier berganda dapat digunakan pada penelitian ini atau tidak. Dari hasil
tersebut menunjukkan bahwa pada penelitian ini terjadi multikol. Artinya penelitian
ini tidak dapat memenuhi syarat untuk dilakukan analisis regresi linier berganda.
Dengan demikian uji hipotesis yang ada pada penelitian ini tidak dapat diuji secara
simultan (bersama-sama) melainkan diuji secara parsial (sendiri-sendiri). Artinya
variabel kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar mata pelajaran
ekonomi tidak berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Melainkan
berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil
belajar. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 020210301317; | |
dc.subject | Kelengkapan Fasilitas Belajar di Rumah dan Motivasi Belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus di SMP Negeri 12 Jember Kelas 8 Semester Genap Tahun Ajaran 2006/2007) | en_US |
dc.type | Other | en_US |