KEMAMPUAN MAHASISWA PPL BIOLOGI TAHUN AJARAN 2011/2012 DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS DI SMA KABUPATEN JEMBER
Abstract
Mengelola pembelajaran Biologi dari segi materi merupakan salah satu 
kajian keilmuan sains. Mengetahui cara pandang tentang sains merupakan faktor 
penting yang menentukan arah pembelajaran sains oleh karena itu guru biologi 
harus memahami hakikat sains itu sendiri. Pembelajaran sains sesungguhnya 
mempunyai kekuatan untuk membangun kemampuan berfikir siswa (Liliasari, 
2005). Kemampuan merumuskan pertanyaan, berpikir analitis, sintesis, kritis dan 
pemecahan masalah dapat dikembangkan melalui kegiatan inkuiri sains. Inkuiri 
adalah bahasa Inggris yang di dalam bahasa Indonesia berarti “ pertanyaan” atau 
“penelitian” (dalam  Sahroni, 1986).  Siswa  membentuk  kembali  struktur 
konseptualnya  sehingga  sesuai  dengan  peristiwa  yang diamati.  Berdasarkan 
observasi calon guru atau mahasiswa PPL Biologi periode semester genap tahun 
ajaran 2011/2012  masih  belum  menerapkan  metode  inkuiri  dan  cenderung 
mengandalkan metode konvensional yang terkesan memberikan ceramah pada 
siswa sehingga siswa tidak dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran. 
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan calon guru Biologi dalam merancang pembelajaran sains, mengetahui kemampuan calon guru Biologi dalam melaksanakan pembelajaran dan mengetahui kemampuan calon guru biologi dalam penerapan pembelajaran sains di SMA Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, yang akan mendeskripsikan status  keadaan  sekarang  dari  subjek  yang  diteliti.  Desain  penelitian  yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptis eksploratis yang menggunakan metode survei untuk menggali data berupa kualitas rancangan pembelajaran sains dan pelaksanaan pembelajaran sains berdasarkan indikator-indikator penelitian yang telah dibuat oleh peneliti berdasarkan sumbernya. 
Berdsarkan  hasil  penelitian  kemampuan  calon  guru  Biologi  dalam 
merancang pembelajaran berdasarkan hasil instrumen penilaian sudah baik hal ini 
nampak pada hasil analisis pada instrumen penilaian RPP dari UPPL. Pada 
kemampuan calon guru Biologi dalam merancang pembelajaran sains masih 
kurang. Dari instrumen pembelajaran sains 65% kurang mengintegrasikan prinsip 
kerja ilmiah dan 40% dari calon guru kurang mengintegrasikan keterampilan 
dasar laboratorium. Pada pelaksanaan pembelajaran kemampuan calon guru dalam 
pelaksanaan pembelajaran cukup baik berdasarkan hasil analisis pada instrumen 
penilaian pelaksanaan pembelajaran dari UPPL tetapi pelaksanaan pembelajaran 
sains calon guru Biologi masih kurang baik dalam menerapkan pembelajaran 
sains. 
Pada instrumen pelaksanaan pembelajaran sains sebanyak 40% calon guru keterampilan berpikir saja tanpa mengembangkan keterampilan proses sains siswa , 45% calon guru tidak mengembangkan kemampuan merumuskan pertanyaan, berpikir analitis, sintesis dan kritis. Pada penelitian menggunakan videograf alokasi waktu yang digunakan calon guru masih kurang teratur pada proses membuka pelajaran, kegiatan inti dan penutp. 
Kemampuan  calon  guru  Biologi  dalam  merancang  pembelajaran 
berdasarkan hasil instrumen penilaian sudah baik hal ini nampak pada hasil 
analisis pada instrumen penilaian RPP dari UPPL. Kemampuan calon guru 
Biologi dalam merancang pembelajaran sains masih kurang berdasarkan hasil 
centangan pada instrumen pembelajaran sains. Kemampuan calon guru Biologi 
dalam pelaksanaan pembelajaran cukup baik berdasarkan hasil analisis pada 
instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran dari UPPL. Kemampuan calon 
guru  Biologi  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  berbanding  terbalik  dengan 
kemampuan calon guru Biologi dalam menerapkan pembelajaran sains masih 
kurang. Sains sebagai ilmu terdiri dari produk dan proses. Produk sains terdiri atas 
fakta, konsep, prinsip, teori, hukum, dan postulat. Semua itu merupakan produk 
yang diperoleh melalui serangkaian proses penemuan ilmiah melalui metode 
ilmiah  yang  didasari  oleh  sikap  ilmiah  yang  seharusnya  diterapkan  dalam 
pembelajaran sains dengan materi dan kondisi yang mendukung.
Collections
- UT-Faculty of Law [6385]
