PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EKUITAS MEREK SEPEDA MOTOR HONDA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UD JAYA ABADI MOTOR JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan
ekuitas merek terhadap kepuasan konsumen pada UD Jaya Abadi Motor Jember. Data
primer diperoleh melalui metode kuesioner dari 84 responden yaitu konsumen yang
memanfaatkan jasa layanan servis berkala gratis pada UD Jaya abadi Motor Jember.
Data yang telah diolah kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus analisis
regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Nilai masing-masing koefisien
regresi variabel independen dari model regresi linier yaitu kualitas pelayanan (service
quality)/X1 sebesar 0,409, dan ekuitas merek (brand equity)/X2 sebesar 0,386. Dari
nilai masing-masing koefisien regresi variabel independen tersebut didapatkan nilai
positif. Hal ini menggambarkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas
pelayanan (service quality), dan ekuitas merek (brand equity), mempunyai pengaruh
positif terhadap besarnya tingkat kepuasan konsumen, artinya dengan semakin
besarnya variabel independen maka tingkat kepuasan konsumen akan semakin besar
pula.
Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian
dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menunjukkan bahwa bahwa masingvii
masing indikator yang digunakan baik dalam variabel independen maupun dependen
mempunyai nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05%, sehingga semua variabel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah valid. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa
semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabel, karena memiliki
koefisien keandalan reliabilitas lebih besar dari 0,60, sehingga semua variabel yang
digunakan dalam penelitian ini reliabel.
Berdasarkan pada hasil perhitungan uji F diperoleh nilai F hitung sebesar
45.770 dan nilai F hitung tersebut lebih besar dari pada F tabel, sedangkan
perhitungan uji t diperoleh nilai T hitung > T table, nilai T tabel ± 1.663. Dengan
demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha)
diterima. Berdasarkan ketentuan tersebut, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa
kualitas pelayanan dan ekuitas merek berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada
UD Jaya Abadi Motor Jember.